Carateker Persib Cari Formula Baru Usai Tumbang 4-2 dari PSM

Persib sudah kedatangan pemain baru

Bandung, IDN Times - Persib Bandung masih belum mendapatkan pelatih baru usai ditinggal Luis Milla. Yaya Sunarya pun menjadi pelatih sementara atau carateker Persib saat melawat ke Parepare, untuk melawan PSM Makassar. Sayang dalam laga tersebut Persib tumbang dengan skor 4-2.

Yaya mengatakan, hasil buruk tersebut membuat Persib sekarang berada di zona degradasi. Ini harus menjadi evaluasi bersama ke depan agar dalam pertandingan selanjutnya Maung Bandung bisa meraih tiga poin.

"Kita sudah bicara kepada pemain tapi sekali ternyata terulang lagi (hasil buruk). Artinya kita harus menemukan format atau formula yang bisa menjadi perbaikan untuk pertandingan berikutnya," kata Yaya usai menggelar latihan di Lapangan Sidolig, Senin (24/7/2023) sore.

1. Pastikan ada rotasi pemain

Carateker Persib Cari Formula Baru Usai Tumbang 4-2 dari PSM

Dengan kondisi Persib tidak pernah menang dalam empat laga beruntun, Yaya memastikan bakal melakukan rotasi pemain. Dia ingin pemain yang bertanding mampu bekerja keras dan menunjukkan karakter Persib Bandung untuk bisa memenangkan pertempuran.

"Karena hanya dengan itu kita bisa menang," paparnya.

Dia tak mau Pangeran Biru hanya unggul di satu lini tapi kalah di lini lainnya. Dengan demikian pertempuran harus bisa dimenangkan di semua lini sehingga hasil pertandingan bisa bagus untuk Persib.

2. Menjadi pelatih bukan hal baru bagi Yaya

Carateker Persib Cari Formula Baru Usai Tumbang 4-2 dari PSMpersib.co.id

Meski mendapat hasil buruk pada pertandingan pertamanya sebagai carateker, Yaya menyebut bahwa menjadi nahkoda Maung Bandung bukanlah yang pertama kali. Saat 2004 dulu dia sudah pernah menjalaninya. Terlepas dari segala kekurangan yang dimiliki, Yaya optimistis bisa membawa Persib berada di jalurnya sebagai tim yang kuat.

Dia pun bakal fokus menjalani peran baru ini dibantu para asisten pelatih sehingga skema tim yang disiapkan bisa berjalan sesuai rencana dan Persib pun mendapatkan kemenangan perdana.

"Di lapangan saya memimpin pemanasan kemudian harus fokus juga menjadi pelatih ketika di pertandingan, saya akan berusaha semaksimal mungkin," kata dia.

3. Kontrak pemain asa Gabon

Carateker Persib Cari Formula Baru Usai Tumbang 4-2 dari PSMLevy Madinda gabung Persib (Dok. Persib)

Gelandang asal Gabon, Levy Clement Madinda menyatakan kesiapannya membantu perjuangan Persib di Liga 1 2023/2024. Madinda merupakan rekrutan terakhir Persib di bursa transfer pemain musim ini.

Kehadiran Madinda membuat tim ini memenuhi kuota 6 pemain asing, 1 di antaranya berasal dari Asia Tenggara. Sebelumnya, PERSIB harus kehilangan Tyronne Gustavo del Pino yang harus menepi akibat cedera cukup serius pada pertandingan pembuka kontra Madura United.

Madinda mengaku antusias dan sudah tidak sabar untuk bergabung dengan tim. Saat ini, ia masih menuntaskan masalah administrasi sebelum terbang ke Bandung. 

"Saya sangat antusias. Saya ingin segera berada di sana (Bandung) dan mulai bekerja. Bergabung dengan PERSIB adalah kesempatan yang sangat baik dan saya siap mengerahkan kemampuan 100 persen untuk tim," kata Madinda.

Madinda mengetahui tim ini belum mendapat hasil yang terbaik di beberapa laga belakangan. Namun, ia meyakini dengan kerja keras dan kebersamaan di dalam tim, penampilan Pangeran Biru akan membaik di laga selanjutnya. 

"Ya, saya tahu tim belum mendapat hasil baik belakangan ini. Terkadang, sepakbola memang seperti itu tapi dengan kebersamaan semua orang di dalam tim, kita pasti bisa mendapat hasil yang lebih baik," ungkapnya. 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya