Calon Mahasiswa Harus Siapkan Rp100 Juta, Begini Penjelasan SM ITB 

Program seleksi mandiri ada demi kelangsungan pendidikan

Bandung, IDN Times - Kampus Institut Teknologi Bandung tengah menjadi sorotan terkait persyaratan seleksi mandiri (SM) ITB. Nominal uang yang disebutkan sebesar Rp100 juta sebagai persyaratan tersebut dianggap memberatkan para calon mahasiswa.

Terkait hal ini, Direktur Pendidikan ITB,  Dr.Techn. Ir. Arief Hariyanto menjelaskan bahwa seleksi mandiri adalah program seleksi penerimaan mahasiswa baru non-subsidi. Jumlah mahasiswa yang akan diterima melalui seleksi mandiri adalah 30 persen dari total mahasiswa baru S1 ITB. 70 persen mahasiswa baru S1 ITB akan diterima melalui program penerimaan SNMPTN dan SBMPTN

"Program seleksi mandiri merupakan Program Pendidikan Non Subsidi yang bertujuan untuk memberikan subsidi silang kepada mahasiswa lain yang tidak mampu membayar UKT (uang kuliah tunggal) penuh," kata dia melalui siaran pers, Selasa (21/7/2020).

1. Hanya 57 persen mahasiswa dari SNMPTN dan SBMPTN yang bisa membayar UKT secara penuh

Calon Mahasiswa Harus Siapkan Rp100 Juta, Begini Penjelasan SM ITB (Kampus ITB) Instagram/@itb1920

Pada saat ini secara rata-rata Mahasiswa ITB program SNMPTN dan SBMPTN yang mampu membayar UKT penuh adalah sebanyak 54 persen sampai 57 persen.

Maka, program seleksi mandiri diharapkan menjadi salah satu alternatif untuk memberikan subsidi silang kepada mahasiswa-mahasiswa ITB yang tidak mampu membayar UKT secara penuh, yaitu Rp 12,5 juta.

"Karena program seleksi mandiri ini adalah program non-subsidi, maka ITB membutuhkan jaminan komitmen dari orang tua/wali/sponsor dari mahasiswa yang diterima melalui program Seleksi Mandiri, bahwa mereka akan mampu membayar UKT Seleksi Mandiri sebesar Rp 25 juta per semester," kata dia.

2. SM ITB perlu diadakan agar program subsidi silang tetap berjalan

Calon Mahasiswa Harus Siapkan Rp100 Juta, Begini Penjelasan SM ITB Pelaksanaan tes peserta UTBK-SBMPTN Unsri (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Salah satu bentuk subsidi silang akan diberikan oleh mahasiswa baru seleksi mandiri adalah dari Iuran Pengembangan Institusi, yang nantinya sebagian akan disalurkan sebagai beasiswa UKT Mahasiswa ITB.

"Kebijakan non-subsidi ini perlu ditegaskan agar kelangsungan program subsidi silang ini dapat berlangsung sesuai rencana," ujarnya.

3. Peralihan dana untuk meningkatkan kualitas pendidikan ITB

Calon Mahasiswa Harus Siapkan Rp100 Juta, Begini Penjelasan SM ITB (Kampus ITB) Instagram.com/@itb1920

Secara umum, komitmen kemampuan finansilal tersebut dapat ditunjukkan salah satunya melalui surat keterangan dari Bank. Dengan demikian, diharap semua mahasiswa ITB bisa berkuliah dengan tenang.

ITB akan selalu berkomitmen untuk memanfaatkan anggaran yang berasal dari UKT Seleksi Mandiri secara transparan dan akuntabel sesuai tujuan awal, yaitu meningkatkan kualitas pendidikan di ITB.

Baca Juga: Heboh Masuk ITB Orang Tua Harus Punya Saldo Rp100 Juta, Ini Faktanya

Baca Juga: Dana Pengembangan Calon Mahasiswa Kedokteran Unpad Rp250 Juta

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya