Cagar Budaya RPH Ciroyom Kena Imbas Proyek Flyover Penunjang KCJB

Flyover ini mudahkan akses penunjang kereta ke Padalarang

Bandung, IDN Times - Ketua Bandung Heritage Aji Bimarsono menyesalkan bangunan cagar budaya Rumah Potong Hewah (RPH) Ciroyom yang terkena imbas proyek pembangunan jembatan layang (flyover) Ciroyom. Flyover ini dibangun untuk mempermudah akses penunjang menuju Stasiun Padalarang yang menjadi titik Kereta Cepat jakarta-Bandung (KCJB).

"Kami kaget karena tiba-tiba ada rencana pembangunan flyover dari arah Jalan Ciroyom nyebrang ke arah Jalan Arjuna yang berimbas terpotongnya bagian depan RPH Ciroyom" Kata Aji melalui siaran pers dikutip IDN Times, Rabu (6/9/2023).

 

1. Pemerintah kurang transparan dalam rencana pembangunan Flyover Ciroyom

Cagar Budaya RPH Ciroyom Kena Imbas Proyek Flyover Penunjang KCJBIlustrasi flyover. Doumen Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR.

Menurutnya, sebelum ada pembongkaran harus ada informasi yang lebih transparan dari pemerintah kawasan mana saja yang akan tergerus dengan pembangunan akses penunjang KCJB, terlebih ini merupakan proyek strategis nasional

"Jika ada proyek starategis apalagi yang bersifat nasional kan harusnya di diskusikan terlebih dahulu untuk mendapatkan solusi terbaik. Meski ini adalah pembangunan strategis, tapi di Kota Bandung juga ada yang strategis yakni kelestarian cagar budaya," ungkapnya.

2. RPH Ciroyom punya nilai historis kuat di Bandung

Cagar Budaya RPH Ciroyom Kena Imbas Proyek Flyover Penunjang KCJBIDN Times/Istimewa

Jika berbicara mengenai bangunan cagar budaya, lanjut Aji, semua pihak seharusnya tidak hanya melihat dari fisik bangunannya saja, akan tetapi lengkap dengan lingkungan pendukung yang ada sekitarnya.

"Seperti RPH Ciroyom ini dibangun oleh Pemerintah Belanda berdekatan dengan jalan kereta dan lapangan terbang. Hal ini tentu ada tujuannya, contohnya untuk memudahkan pengiriman dan pendistribusian hewan ternak," ujarnya.

Aji menambahkan kami mendesak pemerintah untuk meninjau kembali proyek dari flyover Ciroyom ini, termasuk perizinannya.

"Karena hingga saat ini TACB belum memberikan rekomendasi sehingga (seharusnya) izin membangun atau persetujuan bangunan gedung" pungkasnya.

 

3. Bandung Heritage bakal menggugat pihak yang membangun kereta cepat

Cagar Budaya RPH Ciroyom Kena Imbas Proyek Flyover Penunjang KCJBIlustrasi pengadilan. (IDN Times/Sukma Shakti)

Bandung Heritage juga akan mengkaji apakah akan menggugat secara hukum atas pembangunan Kereta Cepat. Apalagi kawasan RPH Ciroyom ini sudah menjadi cagar budaya kelas A di Kota Bandung. Bandung Heritage juga akan mengajak pihak pihak lain untuk bersama sama mempertahankan RPH tersebut.

"Kalau ini sampai terkena dampak pembangunan fly over, ini merupakan preseden buruk yang harusnya pemerintah juga ikut mempertahankan bangunan cagar budaya seperti RPH ini", ujar Aji.

Baca Juga: Molor, Pemerintah Janji Siapkan Akses Stasiun KCJB Karawang

Baca Juga: Dijajal Jokowi pada 1 September, KCJB Akan Beroperasi Penuh 1 Oktober

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya