Bus Sekolah Bandung Direncanakan Jadi Bus Karyawan bagi ASN

Pemakaian kendaraan umum diharap urai kemacetan

Bandung, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung merencanakan perubahan skema pemakaian bus sekolah menjadi transportasi untuk para aparatur sipil negara (ASN) di Kota Bandung agar bepergian tidak memakain kendaraan pribadi ketika menuju kantor dinas. Hal ini disampaikan pengamat transportasi ITB, Sony Sulakosno usai mengikuti rapat bersama Dishub Bandung.

Menurut Sony, kemungkinan tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dishub Bandung, Dadang Darmawan. Opsi penggunaan bus sekolah jadi transportasi bagi ASN berangkat kerja bisa dilakukan karena fasilitas ini sekarang kurang termaksimalkan dengan adanya skema zonasi sekolah oleh dinas pendidikan.

"Karena sekarang sekolah sudah zonasi jadi siswa juga masuk ke SD atau SMA yang dekat. Nah bus sekolah jadi tidak terlalu bermanfaat. Munculan ide memanfaatkan jadi bus karyawan yang bisa digunakan setiap hari atau hari tertentu saja," kata Sony saat dihubungi, Selasa (13/9/2022).

1. ASN harus jadi contoh bagi masyarakat pakai kendaraan umum

Bus Sekolah Bandung Direncanakan Jadi Bus Karyawan bagi ASNPexels

Menurutnya, mengubah kegunaan bus sekolah menjadi bus karyawan ASN bisa menjadi contoh baik bagi masyarakat agar mau bepergiaan ke tempat kerja memakai kendaraan umum. Karena mereka memperlihatkan bahwa aparat pemerintah kota bisa memakai kendaraan umum untuk bekerja.

Selama ini masyarakat enggan menggunakan kendaraan umum karena ongkos biaya yang mahal dan waktu yang terlalu lama untuk sampai ke tujuan. Namun, ketika ada pihak dari pemerintah yang memberikan contoh pemanfaatan kendaraan umum untuk bekerja, semestinya bisa jadi pemicu orang lebih banyak memakai kendaraan serupa.

"Jadi memang harus ada contoh dulu dari pemerintah untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi," kata dia.

2. Contoh nyata juga harus diberikan oleh wali kota

Bus Sekolah Bandung Direncanakan Jadi Bus Karyawan bagi ASNPexels.com/Candid Shots

Sony juga berharap pimpinan di tingkat kota mulai wali kota hingga kepala dinas bisa memakai kendaraan umum untuk bekerja. Contoh nyata itu diharap bisa berdampak pada penggunaan kendaraan umum di masyarakat.

"Pak Wali bisa aktif di media sosial ketika naik kendaraan umum. Jadi banyak yang lihat dan pemicu masyarakat pindah akses kendaraan," ujar Sony.

Saat para pejabat tersebut ingin bepergian ke satu tempat di Kota Bandung, bisa memanfaatkan sepeda yang jadi program Pemkot juga.

"Perbanyak ketersediaan sepeda yang bisa dipinjam agar saat kerja ke tempat lain bisa pakai sepeda," ungkap Sony.

3. Pemakaian kendaraan umum bisa urai kemacetan

Bus Sekolah Bandung Direncanakan Jadi Bus Karyawan bagi ASNWali Kota Bandung Yana Mulyana. IDN Times/Humas Bandung

Sebelumnya, Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengajak masyarakat untuk manfaatkan transportasi publik. Pasalnya dengan harga yang relarif terjangkau, transportasi di Kota Bandung mampu mengantar masyarakat ke tempat yang dituju.

"Kita dorong sekarang untuk manfaatkan transportasi publik. Kita dorong benar-benar dengan Dishub dan koridinasi OPD lainnya. Kita optimalkan dengan kobanter dan lain-lain," kata Yana.

Selain soal tarif, Yana juga mengatakan, penggunaan transportasi publik dapat mengurangi risiko kemacetan. Terkait kenaikan Angkutan Kota (Angkot), Yana berharap pelayanan pengusaha angkot semakin ditingkatkan. Sehingga masyarakat bisa memanfaatkan transportasi itu.

"Harapannya bisa meningkatkan pelayanan, nggak ngetem (berhenti lama menunggu penumpang). Karena Dishub berkordinasi dengan para pengusaha angkutan, kalau ada peralihan untuk manfaatkan ke transportasi publik," katanya.

Sedangkan soal kenaikan tarif Ojek Online (Ojol), Yana mengatakan, hal itu sebagai pilihan masing-masing.

"Itu jadi pilihan orang, ada yang menggunakan dan beralih ke pribadi. Itu (ojol) swasta, dan itu pilihan masyarkat. Dari pemerintah, menyiapkan transportasi publik, mudah-mudahan tidak ke pribadi (transportasi) tapi publik (transportasi)," kata dia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya