Buruh dan Mahasiswa Padati Jalan Depan Gedung Sate dan DPRD Jabar

Aksi besar akan terjadi hari ini

Bandung, IDN Times - Ratusan buruh dan mahasiswa dari berbagai aliansi dan organisasi mulai memadati Jalan Dipenogoro yang berada tepat di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis(8/10/2020). Mereka datang sejak pukul 10.00 WIB untuk meminta pemerintah bisa mencabut Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja.

Salah satu yang hadir adalah Federasi Serikat Mandiri (FSM). Serikat yang terdiri dari para pekerja hotel, restoran dan sektor pariwisata lainnya menggelar demonstrasi dengan 'tiduran' di depan Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat.

Pengurus FSM Jawa Barat Upi Supriatin mengatakan, aksi tersebut digelar sebagai gambaran kondisi para pekerja di bidang pariwisata yang turut gontai saat pandemi COVID-19. Kondisi tersebut diperburuk dengan disahkannya UU Cipta Kerja yang isinya merugikan buruh.

"Jadi agar mereka tahu dengan aksi terlentang ini, pemerintah dan dewan tahu bagaimana lelahnya perjuangan kita. Orang lelah kan 6a terlentang, tapi kelelahan ini tidak akan pernah menyurutkan kita, dan kita akan bangkit untuk memperjuangkan," kata Upi, Kamis (8/10/2020).

1. Ikut aksi meski aturan ini tak terlalu berdampak

Buruh dan Mahasiswa Padati Jalan Depan Gedung Sate dan DPRD JabarIDN Times/Debbie Sutrisno

Upi mengatakan, memang sektor pariwisata tidak terlalu terdampak Omnibus Law Cipta Kerja. Namun, dari sisi ketenagakerjaaan hal ini jelas akan merugikan.

"Sesuai dengan aspirasi kami, adalah tolak ombnibus law uu Cipta Kerja yang menurut kami merugikan para buruh ya kami dari sektor pariwisata ikut memperjuangkan untuk menolak semua UU yang ada di UU Cipta Kerja," ujar Upi.

2. Ribuan pekerja akan tumpah ruah hari ini di Gedung Sate

Buruh dan Mahasiswa Padati Jalan Depan Gedung Sate dan DPRD JabarRibuan buruh mengikuti aksi unjuk rasa di Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang, Banten (ANTARA FOTO/Fauzan)

Ribuan buruh rencananya akan menggelar aksi besar-besaran di depan kantor keja Gubernur Jawa Barat, Gedung Sate. Aksi ini dilakukan setelah dua hari sebelumnya masing-masing buruh melakukan aksi di daerah tempat kerja mereka.

Ketua Konfe‎derasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Jawa Barat Roy Jinto mengatakan, hari ini rencananya aksi buruh akan dimulai pada pukul 10.00 WIB. Buruh sebelumnya melakukan longmarch dari berbagai pabrik yang ada di sekitar Bandung Raya.

"Kita akan aksi hari ini. Ada ribuan buruh yang akan turun dari banyak pabrik di sekitar Bandung," ujar Roy ketika dihubungi IDN Times.

3. Mahasiswa pun mulai memadati jalanan depan gedung DPRD Jabar

Buruh dan Mahasiswa Padati Jalan Depan Gedung Sate dan DPRD JabarDok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, dari pantauan IDN Times terlihat puluhan mahasiswa mulai mendatangi kembali gedung DPRD Jabar. Mereka menggunakan jas almamater dan membawa bendera kampusnya masing-masing.

Dari informasi yang diterima, para mahasiswa daei Bem-SI Jabar akan menggelar aksi kembali. Mereka teguh dengan sikapnya menolak UU Cipta Kerja.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya