Comscore Tracker

Bupati Cianjur: Bantuan untuk Korban Gempa Tidak Merata

Warga Cianjur masih butuh bantuan untuk pemulihan

Bandung, IDN Times - Pemberian bantuan logistik khususnya makanan dan minuman kepada korban gempa Cianjur masih belum merata. Pemberian yang dilakukan secara sendiri baik perorangan maupun lembaga membuat jumlah bantuan untuk satu tempat dan tempat lainnya timpang tindih.

"Evaluasi kami di lapangan pembagian sekarang tidak merata. Ada di posko penumpukan bantuan, sedangkan di posko lain tidak optimal menerima bantuan tersebut," kata Bupati Cianjur Herman Suherman dalam konferensi pers, Rabu (30/11/2022).

Dia pun mengimbau kepada masyarakat atau relawan yang ingin berdonasi untuk bisa memberikan bantuannya ke posko yang tersedia. Posko utama bantuan bencana ada di kantor Pemda Cianjur, Polres Cianjur, dan Kodim 06/08 Cianjur.

Dari ketiga posko ini nantinya bantuan bakal disalurkan sesuai dengan pemetaan pengungsi dan kebutuhannya. Sehingga pemberian barang diharap tidak langsung ke tempat warga terdampak bencana alam.

"Maka kalau ada bantuan di pusatkan di tempat tadi, Insya Allah masyarakat (bantuannya) akan merata," kata Herman.

Menurutnya, saat ini pendistribusian logistik banyak yang menggunakan sepeda motor karena akses yang belum bisa dijangkau kendaraan roda empat. Total untuk dapur umum yang digunakan mencapai 18 unit. Adapun penambahan jumlah bilik MCK mencapai 150 di mana sebelumnya hanya 47.

Herman pun menegaskan bahwa isu masyarakat Cianjur tidak butuh bantuan salah besar. Itu merupakan hoaks yang bisa memberikan dampak buruk pada pemulihan korban bencana.

"Masyarakat Cianjur tetap membutuhkan bantuan bukan sekarang saja tapi ke depan sampai masyarakat berpenghasilan stabil dan ekonomi tumbuh kembali dan recovery terselesaikan.

Baca Juga: Perkuat Tim Trauma Healing, Polda Metro Kerahkan 48 Polwan ke Cianjur

Baca Juga: KPK Turun Tangan Cegah Korupsi Pengelolaan Dana Bencana Gempa Cianjur

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya