[BREAKING] Kabar Duka, Mantan Gubernur Jabar Solihin GP Meninggal Dunia

Beliau wafat saat perawatan di rumah sakit

Bandung, IDN Times - Kabar duka menyelimuti warga Jawa Barat. Mantan Gubernur Jabar periode 1970-1975 Solihin GP dikabarkan meninggal dunia.

Dari informasi yang diterima IDN Times, almarhum meninggal di Rumah Sakit Advent pukul 03.09 WIB, Selasa (5/3/2024).

Adapun rumah duka almarhun berada di Jalan Cisitu Indah VI Nomor 1, Dago, Kota Bandung.

Selain itu, jenazah pun akan dibawa ke Mako II Kodam III Siliwangi di Jalan Sumbawa pada pukul 09.30 WIB. Sementara pemakaman bakal dilakukan di TMP Cikutra pada pukul 13.00 WIB.

Solihin Gautama Purwanegara (Solihin GP), eks Gubernur Jawa Barat periode 1970-1975. Selain pernah menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, suami dari Maryam Harmain tersebut, juga pernah dipercaya menjadi Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Makassar 1964-1968, Gubernur Akabri Umum dan Darat Magelamg 1968-1970, dan Sekretaris Pengendalian Operasional Pembangunan (Sesdalobang) 1977-1992.

Selama ini para tokoh nasional kerap bertemu dan meminta dukungan dari Solihin GP ketika mengukuti pemilihan presiden maupun kepala daerah. Selain sowan meminta doa restu kepada Solihin sebagai sesepuh, mereka tentunya ingin meraih simpati dan dukungan warga Tatar Sunda.

Sowan ke Solihin GP sudah dilakukan sejak Susilo Bambang Yudhoyono mencalonkan diri sebagai Capres bersama Jusuf Kalla. SBY sowan ke Solihin GP pada masa pilpres tanggal 15 Mei 2004 lalu.

Pun yang dilakukan Joko Widodo. Saat mengikuti pilpres periode pertama pada 2014, Jokowi melakukan Sowan ke kediaman Mang Ihin pada 29 Mei 2014. Jokowi yang saat itu berpasangan dengan Jusuf Kalla kemudian memenangkan Pilpres. Setelah jadi Presiden, Jokowi juga rutin menyambangi rumah Solihin GP.

Baca Juga: Ganjar Dijadikan Anak Angkat Mantan Gubernur Jabar Solihin GP

Baca Juga: Mahfud MD Temui Mantan Gubernur Jabar Solihin GP: Beliau Sosok Teladan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya