[BREAKING] Beredar Surat Gedung Sate Lock Down kerena Ada ASN Positif COVID-19

Gedung Sate tutup hingga 14 Agustus

Bandung, IDN Times - Kantor Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Gedung Sate harus melakukan lock down (penghentian aktivitas) selama hari kerja hingga 14 Agustus 2020. Hal ini dikarenakan sejumlah pegawainya diindikasi positif terpapar virus corona jenis baru (COVID-19). Ini juga berdasarkan hasil swab yang sudah dilakukan awal pekan ini kepada ratusan aparatur sipil negara (ASN).

Dari informasi yang diterima IDN Times, terdapat surat edaran yang ditandatangani Sekretaris Daerah Jabar Setiawan Wangsaatmaja. Surat ini terkait penyesuaian sistem kerja bagi pegawai negeri sipil di lingkungan sekretariat daerah provinsi Jawa Barat.

Surat ini pun disampaikan kepada para staf ahli gubernur, asisten, Kepala Biro di Lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi, dan para pegawai di lingkungan Gedung Sate. Adapun surat edarannya sebagai berikut:

Menindaklanjuti Surat Edaran Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 800/111/BKD tentang Penyesuaian Kegiatan dan Sistem Kerja bagi Pegawai Negeri Sipil
(PNS) Pemerintah ProvinsiJawa Barat (Pemprov Jabar) di Wilayah Provinsi Jawa Barat, dan berdasarkan perkembangan situasi pandemi COVID-19 di Lingkungan Sekretariat Daerah, maka perlu kiranya dilakukan penyesuaian kembali kegiatan dan sistem kerja bagi PNS di Lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, sebagai berikut:

1. Seluruh PNS dan non PNS di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat untuk melakukan Work From Home (WFH);

2. Seluruh PNS wajib melaporkan aktifitas kinerja dan kehadiran melalui TRK dan K-Mob, sebagai dasar perhitungan dan pemberian TPP;

3. Mesjid, Command Center, Museum, Kantin, dan area publik Gedung Sate DITUTUP;

4. Surat Edaran ini berlaku mulai tanggal 30 Juli 2020 sampai dengan tanggal 14 Agustus 2020.

Sebelumnya diberitakan ratusan ASN sudah menjalani tes swab di Gedung Sate. Informasi ada beberapa ASN di lingkungan Gedung Sate dinyatakan terpapar COVID-19. Kabar ini ramai di WhatsApp Grup (WAG) dari akhir pekan kemarin. Kemudian pada Senin sampai Rabu pekan ini ratusan PNS pun melakukan tes swab.

Dari pengamatan IDN Times, pada Senin (27/7/2020) para pegawai sudah ada sejak pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB. Hingga pukul 10.00 WIB bahkan sudah ada 300 PNS yang mengikuti tes ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, terdapat satu orang PNS yang sudah terkonfirmasi positif COVID-19. "Iyah ada informasi memang satu PNS di gedung ini. Makanya sekarang langsung tes swab seluruh PNS dan non-PNS," ujar salah satu pegawai di Gedung Sate yang enggan disebut namanya.

Sementara itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jabar melakukan tes swab di lobby Gedung Sate. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Jabar Daud Achmad mengatakan, tes dilakukan sesuai dengan jadwal Divisi Pelacakan Kontak, Pengujian, dan Manajemen Laboratorium Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar.

"Kami menyediakan 2000 test kit untuk pengetesan kali ini," ujar Daud ketika dihubungi, Senin (27/7/2020).

Untuk jumlah ASN yang mengikuti tes, Daud belum bisa memastikannya. Sebab pengetesan masih akan berlangsung keesokan harinya.

Topik:

  • Yogi Pasha
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya