Bosan #dirumahsaja? Aa Gym Ajak Kaum Muslim Buat Program Tambah Ilmu

Jangan bosan untuk terus menimba ilmu yah kawan

Bandung, IDN Times - Selama pandemik virus corona (COVID-19) masyarakat diminta untuk lebih banyak berdiam di rumah dan mengurangi aktivitas yang menimbulkan kerumunan. Pada Ramadan ini masyarakat muslim khususnya diajak tetap menjalankan berbagai kegiatan keagamaan di rumah. Berbagai aktivitas ibadah di masjid pun diimbau untuk berhenti dulu.

Ulama kenamaan asal Bandung Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym mengatakan, berada di rumah sebenarnya bisa menjadi kesempatan bagi siapapun untuk membuat program guna menambah keilmuan.

"Jadi kekuatan iman itu pupuknya ilmu. Kalau kita kurang banyak belajar pasti kurang paham, kurang iman. Dan kalau urang ilmu pasti kurang amal," ujar Aa Gym dalam unggahan video melalui akun media sosial Instagram resmi miliknya, Senin (4/5).

1. Terus belajar dari para alim ulama walaupun hanya lewat media sosial

Bosan #dirumahsaja? Aa Gym Ajak Kaum Muslim Buat Program Tambah Ilmuunsplash.com/Kyra

Aa Gym menyebut, untuk belajar da mencari ilmu saat ini bisa dari mana saja. Dengan waktu yang semakin banyak saat berdiam du rumah pemanfaatan media sosial pun bisa dioptimalkan.

"Belajar dari youtube juga kan banyak. Media sosial para ulama yang berkompeten dan keilmuan serta akhlaknya terjaga juga mudah ditemukan," ujarnya.

2. Belajar banyak tentang menyikapi ramadan dari ulama

Bosan #dirumahsaja? Aa Gym Ajak Kaum Muslim Buat Program Tambah IlmuIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurut Aa Gym, di tengah situasi ini umat muslim bisa belajar lebih banyak bagaimana menyikapi bulan Ramadan dengan benar dari segi keilmuan. Dengan demikian kita bisa mencari ilmu agar puasa yang dilakukan tidak sekedar menahan nafsu dahaga semata.

"Kita juga saum dari pikiran ketergantungan selain Allah," kata dia.

3. Lisan dan pandangan pun harus ikut puasa

Bosan #dirumahsaja? Aa Gym Ajak Kaum Muslim Buat Program Tambah IlmuPexels/Sound On

Aa Gym pun menekankan bahwa seluruh bagian dari tubuh harus bisa ikut puasa di bulan Ramadan. Mulai dari lisan agar tidak banyak bicara, puasa pandangan dari sesuatu yang diharamkan, hingga puasa pendengaran dari sesuatu yang tidak layak didengar.

"Maka buatlah program menimba ilmu dan menyehatkan fisik. Terutama ilmu kita untuk menikmati detik demi detik, agar mengerti bagaimana amalan pada hari spesial ini," pungkasnya.

Baca Juga: 5 Hal yang Membatalkan Puasa dan Membuat Puasa Tidak Sah, Wajib Tahu!

Baca Juga: 5 Tips Puasa Nyaman Untuk Penderita Maag, Lancar Jalankan Saum Ramadan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya