Bos Persib Teddy Tjahjono Masuk Dalam Calon Anggota Exco PSSI

Banyak syarat untuk jadi anggota Exco

Bandung, IDN Times - Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono mengonfirmasi bahwa dirinya mencalonkan sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Pencalonan tersebut berasal dari dukungan dan aspirasi dari beberapa voters yang memiliki perhatian besar dalam pengembangan dan pertumbuhan industri sepak bola di tanah air.

“Alasannya sebenarnya adalah awalnya karena ada aspirasi dari beberapa voters,” kata Teddy, Rabu (18/1/2023). Dia mengaku belum tahu siapa yang mencalonkannya.

1. Siap mengemban tugas baru

Bos Persib Teddy Tjahjono Masuk Dalam Calon Anggota Exco PSSIDirektur Persib Bandung, Teddy Tjahjono saat mengunjungi IDN Media HQ pada Senin (21/3/2022). (IDN Times/Herka Yanis)

Jika memang terpilih nantinya, dia pastikan akan membicarakan nasib jabatannya di PT PBB. Meski demikian, dia sudah mempersiapkan diri dalam pencalonan anggota Exco PSSI. Apalagi dengan pengalamannya berkecimpung di bidang sepak bola.

“Karena saya memang ada yang mencalonkan dan sudah berkecimpung di sepak bola. Kalau menang dan dipercaya, ya saya siap pasti,” ungkapnya.

2. Masih menunggu proses verifikasi

Bos Persib Teddy Tjahjono Masuk Dalam Calon Anggota Exco PSSIInstagram

Adapun saat ini, proses verifikasi daftar calon sementara sedang berlangsung. Ia pun memilih untuk menunggu hasil proses verifikasi itu.

“Saat ini proses verifikasi daftar calon sementara sedang berlangsung dan sebaiknya kita semua menunggu proses verifikasi tersebut,” jelasnya.

3. Untuk jadi anggota Exco PSSI ternyata tidak mudah

Bos Persib Teddy Tjahjono Masuk Dalam Calon Anggota Exco PSSILogo PSSI / Twitter @pssi

Sebanyak 83 nama ditetapkan sebagai bakal calon Komite Eksekutif (Exco) Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027. Ini jadi perbincangan panas lantaran sejumlah nama dianggap tidak memenuhi syarat.

Pada Statuta PSSI edisi 2019 bab V pasal 38 disebutkan syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi Exco PSSI. Disebutkan, hanya akan ada 15 orang terpilih yang berstatus sebagai Exco PSSI dalam satu periode.

Itu juga sudah termasuk satu Ketua Umum dan dua Wakil Ketua Umum. Artinya, hanya ada 12 kursi yang diperebutkan di Kongres Luar Biasa 16 Februari 2023 nanti.

Dalam statuta, syaratnya dijelaskan secara detail. Anggota Exco PSSI harus sudah berusia lebih dari 30 tahun. Tak hanya itu, anggota Exco PSSI diharuskan tercatat sudah aktif di sepak bola dalam koridor PSSI sedikitnya lima tahun.

Kandidat nantinya dikirimkan ke Sekretaris Jenderal PSSI. Nantinya, daftar resmi dari kandidat disampaikan kepada anggota bersamaan dengan Agenda Kongres PSSI untuk memilih Exco, sekurang-kurangnya sepuluh hari sebelum tanggal pelaksanaan.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya