Borongdong.id, Inovasi Pemprov Jabar Menjual Produk UMKM Lokal

Yuk di beli produk lokal UMKM  Jawa Barat

Bandung, IDN Times - Jual beli produk saat ini tidak hanya mengandalkan toko atau warung. Perkembangan teknologi membuat cara menjual produk lebih banyak melalui perdagangan elektronik (e-commerce). Cara ini dirasa lebih efisien dan efektif untuk para penjual dan pembeli melakukan transaksi.

Untuk mendorong penjualan produk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lebih masif, Pemerintah Provinsi Jawa Barat meluncurkan platform Borongdong.id. Tujuan dibangun platform ini guna mengakselerasi transformasi digital UMKM, memperkuat kelangsungan usaha, mempercepat siklus ekonomi, mendorong semangat bangga produk lokal, hingga mendorong pemasaran secara nasional produk lokal unggulan.

Hingga 9 Februari 2021, tercatat UMKM mitra yang terdaftar di Borongdong.id telah mencapai 260 mitra dengan jumlah item dari 18 mitra yang sudah hadir di gudang adalah 168 produk/1.572 pcs.

1. Ajak ASN untuk berbelanja di Borondong.id

Borongdong.id, Inovasi Pemprov Jabar Menjual Produk UMKM LokalIDN Times/Istimewa

Agar produk dalam platform ini bisa terjual banyak, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendorong aparatur sipil negara (ASN) berbelanja berbagai kebutuhan melalui Borongdong.id. Menurutnya, ASN sejauh ini menjadi pihak yang perekonomiannya tidak terdampak pandemik COVID-19.

"Karena pandemi COVID-19 ini perang, semua harus bela negara. Yang punya ilmu bela negara dengan ilmu, yang punya harta bela negara dengan belanja. Kenapa kasih judul 'Bela Negara dengan Belanja', supaya semangat kebangsaan kita muncul," ujar Emil melalui siaran pers dikutip, Kamis (11/2/2021).

Dalam masa peluncuran ini, Borongdong.id menargetkan persentase pembeli yakni 70 persen ASN dan 30 persen masyarakat umum. Selama masa promo, Borongdong.id menawarkan gratis ongkos kirim untuk periode 3 bulan, gratis biaya layanan untuk tiga bulan pertama, serta promo beras Rp100 untuk 1 kilogram (kg)/pengguna pada Maret 2021.

"Bayangkan kalau 330 ribu (ASN) belanja Rp100 ribu saja, sudah berapa puluh miliar yang bisa menolong ekonomi (Jabar). Jadi target sebanyak-banyaknya (ASN belanja di Borongdong.id)," ujarnya.

2. Platform ini pun mengajak pelaku UMKM untuk belajar memasarkan produk secara baik

Borongdong.id, Inovasi Pemprov Jabar Menjual Produk UMKM LokalIlustrasi UMKM. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

CEO Borongdong Ali Bagus, platform ini tidak hanya menjadi wadah berjualan bagi para UMKM lokal Jabar. Lebih dari itu, Borongdong sekaligus berupaya menyalurkan ilmu penjualan kepada para mitranya. Sehingga para pelaku UMKM yang belum bisa berjualan di platform lain akan dibantu agar mampu merambah pasar lainnya di luar Borongdong.id.
 
"Kita ajarkan cara foto, kita ajarkan cara upload produk yang baik, kita ajarkan cara mendeskripsikan produk yang baik sambil kita kasih data bahwa produk anda ini ternyata laku atau produk anda ini tidak laku. Kalau tidak laku apa penyebabnya atau yang laku yang harganya berapa. (Transfer ilmu) ini yang coba kita support," tambahnya.
 
Ali menjelaskan, mitra Borongdong merupakan perorangan atau perusahaan asal Jabar dengan beragam produk, mulai dari sembako, cemilan untuk anak, hingga kerudung.

"Semoga teman-teman ASN ini bisa tergerak hatinya untuk membela negara dengan belanja sekaligus mendapatkan barang-barang berkualitas nomor satu di Jawa Barat dengan harga yang sangat bersaing," katanya.
 

3. Pemulihan ekonomi butuh kerja sama semua pihak

Borongdong.id, Inovasi Pemprov Jabar Menjual Produk UMKM LokalIlustrasi ekonomi digital (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Sementara itu, Kepala KPw BI Provinsi Jabar, Herawanto mengatakan, Borongdong merupakan bukti bahwa Pemda Provinsi Jabar bergerak cepat menggerakkan konsumsi masyarakat untuk mendorong perekonomian khususnya pemulihan ekonomi akibat pandemi.

"Dari program nasional BBI itu secara kesuluruhan mendorong dari tingkat konsumsi masyarakat untuk belanja produksi-produksi barang buatan Indonesia. Jabar maju dengan langkah pertama Borongdong yang targetnya adalah ASN, lebih targeted dan fokus," ucap Herawanto.

"Kami lihat ini langkah yang sangat bagus dan jadi bagian penting dari gerakan nasional BBI untuk Jabar. Jadi, kami tentunya akan mengajak semua yang terkait dengan kami untuk mendukung hal ini (Borongdong.id)," tambahnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya