BNPB Kucurkan Rp350 Juta Bantu Warga Dayeuhkolot yang Diterjang Banjir

Warga yang rumahnya rusak juga akan dibantu

Bandung, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi dukungan dana siap pakai (DSP) senilai Rp350 juta guna percepatan penanganan bencana banjir di Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan, pemberian dana bantuan tersebut digunakan untuk fase pertolongan penanganan pengungsi pada status masa tanggap darurat.

“Untuk tahap awal ini sebesar Rp350 juta untuk digunakan selama tujuh hari ini. Tentu saja kalau ada kekurangan nanti akan ditambah,” kata Suharyanto di Kabupaten Bandung, Senin (15/1/2024).

1. Logistik dan peralatan kebutuhan warga segera dikirimkan

BNPB Kucurkan Rp350 Juta Bantu Warga Dayeuhkolot yang Diterjang BanjirIDN Times/Aris Darussalam

Selain DSP, BNPB juga menyerahkan dukungan logistik dan peralatan berupa tenda pengungsi, sembako, selimut, matras, genset listrik, makanan siap saji, perahu karet dan paket kebersihan diri (hygine kit).

“Pak Bupati Bandung sudah menetapkan tanggal darurat selama tujuh hari. Kita pastikan kebutuhan dasar dari para pengungsi selama tujuh hari ini betul-betul tertangani dan terpenuhi,” kata dia.

Lebih lanjut, Suharyanto mengatakan bahwa BNPB seusai masa tanggap darurat ini akan ikut terlibat dalam menuntaskan banjir yang terjadi di Kabupaten Bandung.

2. Rumah yang rusak akan dibantu pemerintah dalam pembangunan ulang

BNPB Kucurkan Rp350 Juta Bantu Warga Dayeuhkolot yang Diterjang BanjirIDN Times/Istimewa

Dia menilai perlu ada tindakan yang komprehensif pada penanganan banjir di wilayah tersebut agar hasilnya bisa optimal dan menyeluruh. BNPB pun memastikan pemerintah pusat telah menyiapkan dana bantuan stimulan sebesar Rp60 juta bagi rumah warga yang mengalami kerusakan berat, untuk bangunan rusak sedang sebesar Rp30 juta, dan rusak ringan Rp15 juta.

“Nah apakah nanti dengan gara-gara runah terendam ini masuk kategori apa, nanti kita menunggu laporan dari pemerintah daerah,” kata dia.

3. Warga mulai bersih-bersih rumah yang terdampak banjir

BNPB Kucurkan Rp350 Juta Bantu Warga Dayeuhkolot yang Diterjang BanjirIDN Times/Istimewa

Pascabanjir di daerah Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, yang merendam kawasan tersebut, warga mulai membersihkan rumah dari kotoran khususnya lumpur yang terbawa aliran air sungai. Sejumlah perangkat daerah seperti BPBD, Dinas PU, Dinas LH, hingga Damkar ikut seta melakukan pembersihan.

Kepala Desa Dayeuhkolot, Yaya menuturkan, dari 14 rukun warga yang rumahnya terdampak banjir sekarang menyisakan enam RW saja yang ketinggian airnya juga perlahan surut.

"Ketinggian mungkin sekarang 60 sentimeter paling tinggi ada di RW04," kata Yayan saat dihubungi, Minggu (14/1/2024).

Dia menyebut bahwa sebagian warga yang rumahnya sudah tak terendam banjir, mulai bersih-bersih dengan menggunakan alat seadanya. Bukan hanya rumah, sejumlah fasilitas umum yang memang dibutuhkan warga pun mulai dibersihkan agar bisa digunakan kembali.

"Sekarang itu warga aktivitas di rumahnya yang sudah surut itu sudah mulai melakukan bersih-bersih. terus untuk fasilitas-fasilitas umum juga untuk dibersihkan dan itu yang kami perlukan," ungkapnya.

Baca Juga: Banjir Tahunan Dayeuhkolot Harus Diatasi secara Komprehensif

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya