BKSDA Bakal Koordinasi dengan Alshad Ahmad Usai Kematian Bayi Harimau

Kematian ini sangat disayangkan

Bandung, IDN Times - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jabar akan mencari tahu mengenai kematian bayi harimau yang ada di rumah Alshad Ahmad. Harimau jenis Benggala yang diberi nama Cenora tersebut diberitahukan langsung oleh Alshan di media sosialnya.

Koordinator Humas BBKSDA Jabar, Eri Mildranaya menuturkan, BKSDA belum mendapatkan laporan mengenai kematian harimau tersebut.

"Belum ada laporan resmi terkait kematian Harimau Benggala satwa tidak dilindungi tersebut," kata Koordinator Humas BBKSDA Jabar, Eri Mildranaya, saat dihubungi wartawan, Selasa (25/7/2023).

Eri tak mengetahui alasan Alshad belum melaporkan kematian harimau ke BBKSDA Jabar. Bila tak kunjung melaporkan, petugas dari BKSDA bisa saja menemui Alshad secara langsung. 

"Yang bersangkutan wajib segera melaporkan, gitu kan, kita juga belum tau alasannya belum melaporkan," kata dia.

1. Hanya punya izin penangkaran bukan memelihara

BKSDA Bakal Koordinasi dengan Alshad Ahmad Usai Kematian Bayi HarimauCenora meninggal dunia (instagram.com/alshadahmad)

Menurut Eri, BKSDA Jabar tak memberikan izin memelihara harimau kepada Alshad melainkan izin melakukan penangkaran dengan tujuan memperbanyak populasi.

"Kami izinnya tidak memelihara, (tapi) izin menangkarkan, kami izinnya menangkarkan dengan tujuan perbanyakan. Itu bukan satwa asli Indonesia. Nah selama ini dia kategorinya tidak dilindungi, tapi dilindungi oleh aturan perdagangan internasional," ucap dia.

2. Ada beberapa kematian harimau di rumah Alshad

BKSDA Bakal Koordinasi dengan Alshad Ahmad Usai Kematian Bayi HarimauCenora meninggal dunia (instagram.com/alshadahmad)

Adapun selama ini, menurut Eri, BBKSDA Jabar telah lima kali menerima informasi kematian harimau yang dipelihara oleh Alshad. Terakhir, Alshad melaporkan kematian harimau pada tahun 2022.

"2022. Itu yang satu ekor terakhir, kalau gak salah anaknya si Jinora. Yang pasti laporan yang kami terima (terakhir) tahun 2022," paparnya

3. Sehari sebelum meninggal Cenora masih baik

BKSDA Bakal Koordinasi dengan Alshad Ahmad Usai Kematian Bayi HarimauCenora meninggal dunia (instagram.com/alshadahmad)

Alshad Ahmad mengungkapkan kronologi dan dugaan penyebab kematian Cenora, anak harimau peliharaannya. Dalam live Instagram, sepupu Raffi Ahmad ini menceritakan kondisi Cenora sebelum meninggal.

Ia mengatakan sehari sebelum meninggal, Cenora baik-baik saja dan masih bisa bermain seperti biasa. Akan tetapi, kondisinya mendadak drop hingga dilarikan ke rumah sakit.
Alshad Ahmad mengungkapkan kondisi Cenora yang masih aktif, sehari sebelum kematiannya. Ia bahkan sempat bermain bersama anak harimau ini tanpa ada gejala sakit.

"Tanggal 23 malam itu, gue masih main sama Cenora malam-malam tuh. Kita harus kuras tenaga mereka, supaya mereka tidur. Kalau mereka gak capek, gak akan bisa tidur dengan pulas. Malam-malam bisa kebangun, ngerengek karena masih ada energinya," ucap Alshad Ahmad dalam Live Instagram, pada Selasa (25/7/2023).

Baca Juga: Kronologi dan Dugaan Penyebab Matinya Cenora Anak Harimau Alshad Ahmad

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya