Bey Machmudin Evaluasi Tim Khusus yang Selama Ini Bantu Ridwan Kamil

TAP ada untuk membantu kerja Emil selama menjabat

Bandung, IDN Times - Bey Machmudin telah resmi menggantikan Ridwan Kamil menjadi Gubernur Jawa Barat. Pergantian jabatan ini dilakukan di Gedung Sate, Selasa (5/9/2023).

Untuk menjalankan tugasya, Bey bakal melakukan rapat pimpinan dengan kepala dinas yang selama ini membantu Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum selama kepemimpinan lima tahun.

Ditanya mengenai tim khusus yang bakal membantu, Bey belum bisa memastikanya. Dia akan mengevaluasi lebih dulu tim yang sebelumnya ada dan membantu gubernur serta wakil gubernur.

"Belum (ada tim khusus), saya lihat dulu. Tapi saya yakin Pak Ridwan Kamil menyampaikan bahwa SDN dan para pejabat sudah sangat baik. Jadi saya percaya denga mesin birokrasi yang baik," kata Bey.

1. Bakal mendengar dulu masukan dari tim yang sudah ada

Bey Machmudin Evaluasi Tim Khusus yang Selama Ini Bantu Ridwan KamilPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Mengenai orang-orang sebelumnya yang masuk dalam tim akselerasi pembangunan (TAP), Bey juga berencana melakukan pertemuan dan mengevaluasi apakah tim ini masih diperlukan atau tidak ke depannya. Bukan hanya dari TPA, dia juga bakal mendengar masukan dari semua pemangku kebijakan dan perannya dalam pembangunan Jawa Barta.

"Yang pasti saya akan dengarkan dulu semuanya dan yang penting kita berbuat yang terbaik untuk Jabar," kata dia.

2. Mendapat mandat untuk menjadikan Jabar lebih baik

Bey Machmudin Evaluasi Tim Khusus yang Selama Ini Bantu Ridwan KamilPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelum datang ke Bandung, Bey telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden berpesan agar dia bisa bekerja dengan baik dan membangun Jabar menjadi lebih baik lagi.

Termasuk jelang memasuki tahun politik, Bey berharap para ASN, Polri, dan TNI harus bersikap netral. Dia pun menjamin pemilu 2024 akan berjalan lancar, aman, dan nyaman.

3. Tugas utama yang harus diselesaikan pertama Pj Gubernur adalah persoalan sampah

Bey Machmudin Evaluasi Tim Khusus yang Selama Ini Bantu Ridwan KamilKebakaran di TPA Sarimukti. Dokumen Diskar Kota Bandung

Pelaksana harian atau Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, ada beberapa tugas yang paling menonjol untuk Pj Gubernur, salah satunya soal penanganan kebakaran sampah di TPA Sarimukti yang membuat status Bandung Raya darurat sampah.

"Tugas paling menonjol ada pemulusan jalan, kita selesaikan lagi. kemudian masalah sampah (di TPA Sarimukti)," ujar Setiawan, Selasa (4/9/2023).

Menurutnya, problema sampah ini akan menjadi tugas paling menonjol Pj Gubernur Jawa Barat. Adapun kondisi TPA Sarimukti sendiri kini masih dilakukan pemadaman dari beberapa titik sumber api. Pemprov Jabar juga kini sudah membuka TPA darurat di sekitar lokasi kebakaran.

"Kemarin ini kan sampah yang tidak bisa dikirim, kami buka zona satu sampai empat. Tapi ini juga ada beberapa syarat yang harus ditempuh oleh Bandung Raya. Salah satunya sampah harus bisa dipilah 40-50 persen," ungkapnya.

Baca Juga: Mendagri Resmi Lantik 9 Penjabat Gubernur, dari Bey Sampai Bahtiar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya