Bertemu Soligin GP di Bandung, Erick Thohir: Bukan Buat Pilpres 2024

Dia ingin fokus melayani  rakyat sebagai Menteri BUMN

Bandung, IDN Times – Menteri BUMN Erick Thohir melakukan kunjungan kerja ke Kota Bandung. Di sela–sela kegiatannya, Erick bertemu dengan mantan Gubernur Jawa Barat, Solihin G.P.

Terkait pertemuan ini, Erick menyanggah bahwa itu terkait dengan niatnya maju dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Kedatangan dia ke Bandung dan bertemu dengan Solihin adalah hal lumrah dan sudah beberapa kali dilakukan Erick.

"Yah kalau ketemu (Solihin GP) sudah sering. Bagian dari kita sebagai anak muda apresiasi beliau," ujar Erick.

1. Erick ingin fokus pelayanan masyarakat di masa pandemik ini

Bertemu Soligin GP di Bandung, Erick Thohir: Bukan Buat Pilpres 2024Seorang staf memakai masker dalam perjalanan menggunakan kereta metro saat uji coba sebelum kembali beroperasi, ditengah penyebaran wabah penyakit virus corona (COVID-19) di Kolkata, India, Rabu (9/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Rupak De Chowdhuri)

Letnan Jenderal TNI Solihin Gautama Purwanegara atau Mang Ihin adalah Gubernur Jawa Barat periode 1970 sampai 1975. Dia menjadi salah satu tokoh sentra di Tanah Pasundang karena kerap ditemui politikus yang hendak maju dalam pemilihan kepala daerah maupun presiden.

Namun, Erick kembali menampik jika pertemuan itu dikaitkan dengan Pilpres mendatang. Dia tidak ingin membicarakan hal itu dari sekarang melihat kondisi Indonesia yang masih carut marut akibat pandemik COVID–19.

"Jawaban saya konisten. Hari ini rakyat masih menghadpai covid, ekonomi susah. Kita lebih baik sebagai menteri fokus sekarang, orang rakyat masih susah, sudah jangan mikir jauh–jauh," ungkap Erick

2. Dia kerap disandingkan dengan tokoh politik untuk maju Pilpres 2024

Bertemu Soligin GP di Bandung, Erick Thohir: Bukan Buat Pilpres 2024PLN

Getar pemilihan presiden 2024 sudah mulai merambah hingga ke Jawa Timur. Di tengah hangatnya isu duet Anies Baswedan-Sandiaga Uno, relawan Jokowi Mania Jawa Timur mendeklarasikan diri mendukung Ganjar Pranowo-Erick Tohir pada Polpres 2024.
Pengurus Jo-Man, Warto Adi mengatakan bahwa berdasarkan konsolidasi secara nasional dari relawan-relawan Joko "Jokowi" Widodo lainnya, mereka sepakat untuk mendukung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024. Menurut mereka, Ganjar cocok menjadi pengganti Jokowi di periode berikutnya.

 


"Pak Ganjar adalah sosok yang pantas dan mumpuni untuk jadi Capres melanjutkan perjalanan dan kerja baik Pak Joko Widodo," ujar Warto saat deklarasi di Surabaya, Jumat (17/9/2021).

3. Nama Ganjar masih melesat dalam survei

Bertemu Soligin GP di Bandung, Erick Thohir: Bukan Buat Pilpres 2024Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Hasil survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research yang diluncurkan di Jakarta, menunjukkan Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Ridwan Kamil masuk tiga besar tokoh-tokoh memiliki elektabilitas tinggi maju sebagai calon presiden pada 2024.

Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati urutan pertama pada hasil survei indEX Research dengan skor 17,5 persen, sementara Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto menyusul di posisi kedua 17,1 persen.

Posisi ketiga diisi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan skor elektabilitas 13,8 persen.

“Ganjar, Prabowo, dan RK menguasai tiga besar calon presiden, sedangkan Puan dan Airlangga merayap di papan bawah,” kata Peneliti indEX Research Hendri Kurniawan sebagaimana dikutip dari siaran tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Ada 13 nama tokoh yang diprediksi masuk bursa capres untuk 2024. Di samping Ganjar, Prabowo, dan Ridwan Kamil, ada juga Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menempati urutan keempat dengan skor 7,5 persen, kemudian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno di posisi kelima dengan skor 6,9 persen.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya