Bertemu Ganjar, Emil Pastikan Tak Ada Obrolan Politik Pilpres 2024

Survei sebut elektabilitas Ridwan Kamil menurun

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menemui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Rumah Dinas Puri Gedeh, Kota Semarang, akhir pekan kemarin. Keduanya bertemu didampingi oleh istrinya masing-masing.

Ditanya terkait agenda silaturahmi tersebut, Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, memastikan bahwa pertemuan keduanya tak ada kaitan dengan pemilu empat tahun ke depan. Ia hanya mendampingi istrinya, Atalia Praratya untuk membahas soal kerja sama kepramukaan bersama istri Ganjar, Atikoh Suprianti. Kedua istri gubernur tersebut merupakan Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka di provinsi masing-masing.

"Kemarin betul-betul lebih ke (Pramuka), karena istri dilepas sendiri bahaya. Jadi saya menemani, memastikan pembicaraan terkait kepramukaan berjalan dengan baik, tidak ada sedikit pun berbicara soal perpolitikan," ujar Kang Emil di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (26/10/2020).

1. Dalam pertemuan mereka membahas terkait penanganan COVID-19

Bertemu Ganjar, Emil Pastikan Tak Ada Obrolan Politik Pilpres 2024Dok.Humas Jabar

Alih-alih membicarakan agenda politik, Emil dan Ganjar justru membahas tentang penanganan COVID-19 dan persiapan masing-masing daerah menghadapi libur panjang.

"Beliau meminta saya menyisir pemudik di Jateng yang ada di Jabar, itu kesepahaman dengan pak Kapolda. Kami akan melakukan pengetesan acak, tapi rutenya ke Jawa Tengah. Di luar itu tidak ada hal-hal yang mengemuka sifatnya, lebih ke silaturahmi saja," kata dia.

2. Emil enggan tanggapi hasil survei Indikator

Bertemu Ganjar, Emil Pastikan Tak Ada Obrolan Politik Pilpres 2024Twitter

Terkait dengan hasil survei Indikator yang menyebut elektabilitas Emil menurun, dia enggan menanggapi secara serius. Menurutnya, survei seperti ini bisa berganti-ganti karena ada dalam dua bulan sekali.

"Jadi naik turun itu biasa lah," ungkapnya.

3. Ridwan kamil berada di urutan kelima dalam survei Indikator

Bertemu Ganjar, Emil Pastikan Tak Ada Obrolan Politik Pilpres 2024Tangkapan layar hasil survei Indikator Politik Indonesia (Dok. IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya, Lembaga Survei Indikator melakukan survei mengenai calon presiden yang akan menggantikan Joko "Jokowi" Widodo pada periode 2024-2029. Ada sejumlah sosok yang muncul dalam survei jika pemilihan presiden dilaksanakan pada saat ini.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi memaparkan bahwa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi teratas survei dengan perolehan 18,7 persen.

Di peringkat kedua ada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga Ketua umum Partai Gerindra dengan 16,8 persen dan disusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 14,4 persen.

Berikut adalah hasil survei calon presiden yang dilakukan Indikator:

Ganjar Pranowo: 18,7 persen

Prabowo Subianto: 16,8 persen

Anies Baswedan: 14,4 persen

Sandiaga Uno: 8,8 persen

Ridwan Kamil: 7,6 persen

Agus Harimurti Yudhoyono: 4,2 persen

Khofifah Indar Parawansa: 4 persen

Gatot Nurmantyo: 1,4 persen

Mahfud MD: 1,3 persen

Airlangga Hartarto: 1,2 persen

Puan Maharani: 0,9 persen

Erick Thohir: 0,8 persen

Tito Karnavian: 0,4 persen

Muhaimin Iskandar: 0,2 persen

Budi Gunawan: 0,1 persen

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya