Berlibur di Bandung? Yuk Datangi Pesta Kuliner Nusantara Terbesar

Ada ratusan tenant makanan dan minuman loh!

Bandung, IDN Times - Siapa yang suka makan? Untuk kalian yang senang mencicipi berbagai kuliner harus datang ke acara kuliner perdana terbesar selama 26 hari di Summarecon Mall Bandung (Summaba). Digelar secara Kamis (22/8/2024), pesta makanan ini akan berlangsung hingga 16 September 2024.

Bertajuk Jelajah Kuliner Asia, Festival Kuliner Bandung (FKB) menghadirkan 400 varian menu favorit yang siap menggoyang lidah pengunjung. Serunya, petualangan kuliner di FKB Summaba bukan hanya dari Indonesia saja, namun ada pula dari negara-negara di Asia seperti Korea, Jepang, China, dan Thailand.

Kemeriahan semakin bertambah dengan hadirnya beragam wahana karnaval seru dan panggung musik dari artis kenamaan tanah air yang dapat dikunjungi pengunjung mal secara gratis.

"FKB mengadaptasi beragam event kuliner yang diadakan rutin setiap tahun di seluruh Summarecon Mall sebagai bentuk dedikasi berkelanjutan Summarecon untuk mendukung geliat UKM kuliner lokal," kata Center Head Summarecon Mall Bandung, Juni Hadi Hasan, Minggu (25/8/2024).

1. Ada 70 booth dan 8 food truck yang bisa dicoba

Berlibur di Bandung? Yuk Datangi Pesta Kuliner Nusantara TerbesarIDN Times/Debbie Sutrisno

Juni Hadi menjelaskan, tahun ini sebanyak 70 booth dan 8 food truck akan menghadirkan menu kuliner terbaik yang bisa dicoba langsung oleh para pengunjung. Sebagian merupakan UKM lokal Bandung yang telah terkurasi untuk ikut berpartisipasi dalam kemeriahan FKB tahun ini.

"Sama seperti festival kuliner di Summarecon Mall lain, proses pemilihan tenant di FKB juga melalui proses kurasi untuk memastikan cita rasa, orisinalitas hingga proses memasak dan penyajian yang higienis sehingga tetap aman untuk dikonsumsi oleh pengunjung," jelasnya.

Beberapa pilihan rekomendasi kuliner khas tanah air yang wajib dicoba di antaranya Kwetiau Sapi Alas Daun Pontianak, Hua Nan Kopi Siantar, Kripik Balado Christine Hakim Asli Padang dan Empal Gentong Bu Darma Asli Cirebon.

Sementara pecinta kuliner dapat menikmati menu khas Thailand seperti Som Tam (Salad Thailand), Thanom Thai Magic Soda dan menu khas negara Asia lainnya seperti Korean Fishcake, BBS Bungeoppang, Kakigori Snowy, Japanese Seafood Crepes dan masih banyak lagi.

2. Bisa naik wahana bermain juga

Berlibur di Bandung? Yuk Datangi Pesta Kuliner Nusantara TerbesarIDN Times/Istimewa

Selain itu, FKB pun tidak hanya menyajikan ragam kuliner, tapi juga menghadirkan konsep Carnaval melalui kemeriahan 10 wahana seru, seperti Kora-kora, Biang Lala, Ontang Anting, Istana Balon, 9 Dimensi, Ombak Banyu, Hand Boat, Kereta Mini, dan Carousel. FKB tahun ini juga menghadirkan permainan TAGADA, wahana raksasa seluas 13 meter persegi yang pertama kalinya hadir di Bandung.

Wahana seru berbentuk mangkuk ini akan membawa pengunjung merasakan sensasi berputar dan bergelombang dalam gemerlap lampu yang tentunya akan menjadi sensasi layaknya permainan pasar malam carnaval. Untuk menikmati permainan ini, pengunjung dikenakan biaya mulai dari Rp25 ribu.

"Kita pengen di weekday bisa sampai 5.000 pengunjung, kalau di weekend 10.000 pengunjung," kata dia.

3. Ada banyak rangkaian acara lainnya loh

Berlibur di Bandung? Yuk Datangi Pesta Kuliner Nusantara TerbesarIDN Times/Istimewa

Juni menamabahkan bahwa FKB 2024 juga untuk pertama kalinya akan membawa euforia karnaval Festival Balon Wonosobo ke Kota Bandung. Pengunjung dapat menyaksikan keindahan balon udara menghiasi langit Gedebage pada 25 Agustus pukul 07.00 WIB.

Kemudian, pengunjung pun dapat menikmati penampilan berbagai pertunjukan khas negara Asia seperti Barongsai Pathok “World Championship” (25 Agustus pukul 16.00 WIB), Cosplay Competition (7 September pukul 14.00 WIB), Spectacular Fireworks (7 September pukul 21.00 WIB), dan masih banyak program menarik lainnya.

Baca Juga: LBH Bandung: 137 Orang Aksi Massa Tolak RUU Pilkada Alami Luka

Baca Juga: Singo Edan Bertandang ke Bandung, Bintang Korsel Diragukan Tampil

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya