Beckham Putra Sumringah Sumbang Satu Gol saat Timnas Gulung Thailand

Indonesia bawa emas dalam cabor sepakbola SEA Games 2023

Bandung, IDN Times - Tim nasional sepakbola Indonesia berhasil meraih emas usai mengalahkan Thailand dalam laga final SEA Games 2023 Kamboja. Garuda muda mampu unggul 5-2 setelah bermain selama 120 menit waktu normal.

Pemain Persib Bandung, Beckham Putra, menjadi salah satu pemain yang berhasil mencetak gol pada pertandingan tersebut. Beckham mencetak gol kelima tim nasional sekaligus penutup kemenangan Indonesia.

"Alhamdulillah mempersembahkan emas setelah 32 tahun. Ini satu kebanggaan dan bisa jadi motivasi untuk lebih baik," kata Beckham, Rabu (17/5/2023).

1. Tak persoalkan waktu bermain di timnas

Beckham Putra Sumringah Sumbang Satu Gol saat Timnas Gulung ThailandGelandang Timnas Indonesia U-22, Muhammad Taufany (Instagram @muhmdtaufany)

Terkait kurangnya menit bermain dalam SeaGames tahun ini, Beckham tak mempersoalkannya. Sebab pelatih dan para staf sudah pasti mempunyai taktik agar tim bisa terus menang dan meraih medali emas dalam kompetisi ini.

Dalam pertandingan ini, Beckham hampir tak bermain hingga 90 menit waktu normal, barulah dia masuk pada waktu perpanjangan.

"Jadi ini jalan Allah untuk Beckham main dan bisa cetak gol." kata dia.

2. Bersiap bawa Persib tampil lebih hebat musim depan

Beckham Putra Sumringah Sumbang Satu Gol saat Timnas Gulung Thailandindosport.com

Usai laga final ini, Beckham akan istirahat lebih dulu karena tim Persib baru akan kumpul pada 5 Juni 2023. Dia pun segera pulang ke Bandung bertemu keluarga dan merayakan kemenangan bersama.

"Setelah itu bersiap kembali untuk musim baru," kata dia.

3. Emas di cabor sepak bola bukti kebangkitan sepak bola Tanah Air

Beckham Putra Sumringah Sumbang Satu Gol saat Timnas Gulung ThailandTimnas Indonesia U-22 ke final SEA Games 2023 usai singkirkan Vietnam, Sabtu (13/5/2023). (Dok. PSSI).

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, menyanjung Timnas Indonesia U-22 setinggi langit usai menjuarai SEA Games 2023. Bagi Erick, ini merupakan bukti kebangkitan sepak bola Tanah Air.

Ya, Timnas U-22 menyabet medali emas usai mempermalukan Thailand dengan skor 5-2 di partai final, Selasa (16/5/2023). Kemenangan ini sekaligus melepas dahaga Indonesia selama 32 tahun di pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut.

"Emas SEA Games ini akan menjadi titik awal. Ini adalah awal dari perjalanan sepak bola kita untuk menggapai asa yang lebih tinggi di level yang lebih tinggi pula," kata Erick Thohir dalam pernyataan resminya, Selasa.

Erick berterima kasih atas perjuangan yang ditunjukkan Marselino Ferdinan dan kawan-kawan. Penampilan spartan skuad Garuda Nusantara sejak fase gugur akhirnya dibayar tuntas dengan medali emas.

"Hari ini anak-anak Indonesia yang umumnya masih berusia di bawah 22 tahun membuktikan bahwa kita adalah bangsa tangguh, pekerja keras, dan mampu bekerja sama untuk menjadi yang terbaik," ujar Erick.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya