Beckham Putra Kecewa Batal Tampil di Piala Asia U-23 karena Cidera

Dia selalu cidera ketika hendak memperkuat timnas

Bandung, IDN Times - Gelandang muda Persib Bandung Beckham Putra dipastikan batal membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 dalam kompetisi Piala Asia U-23 di Qatar. Cedera yang dialaminya saat melawan Bhayangkara FC, membuatnya kembali gagal membela timnas.

Ini merupakan peristiwa yang kembali terulang, ketika ia gagal memperkuat Timnas Indonesia di Asian Games 2023 di Cina. Ketika itu, pemain bernomor punggung 7 ini mengalami cedera paha bagian dalam yang didapatkan saat membela Timnas di Piala AFF U-23.

Selain gagal ke Asian Games, Beckham juga tak masuk daftar pemain untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 di Solo.
Kali ini, Beckham mengalami cedera di bagian punggung kaki kanannya. Dia pun batal diboyong ke Qatar meski namanya sudah masuk dalam daftar skuad yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong.

Beckham mengaku kecewa dengan kegagalannya tampil di Piala Asia U-23 2024.

"Tentunya sangat kecewa karena kembali tidak bisa main bersama Timnas. Saya sudah menyiapkan diri untuk timnas, tapi pasti ada hikmah di balik ini,” kata Beckham, Selasa (2/4/2024).

1. Kondisi kakinya masih bengkak

Beckham Putra Kecewa Batal Tampil di Piala Asia U-23 karena CideraPersib.co.id

Jebolan diklat Persib itu mengaku saat ini kondisinya sudah membaik. Rasa sakit dan bengkak jauh berkurang, namun masih belum bisa menjalani kegiatan secara normal. Rencananya, Beckham akan menjalani pemeriksaan lanjutan untuk melihat kondisi cederanya.

“Kondisi lebih baik, bengkak sama sakitnya berkurang. Semoga hasil CT Scan bukan cedera serius,” tuturnya.

2. Patah tulang di daerah punggung kaki

Beckham Putra Kecewa Batal Tampil di Piala Asia U-23 karena Ciderailustrasi seorang wanita sedang cidera dan dibalut perban (freepik.com/peoplecreations)

Sebelumnya, tim dokter Persib Rafi Ghani mengatakan, Beckham mengalami patah tulang di daerah punggung kaki kanannya. Cederanya itu didapatkan Beckham saat masuk menggantikan Adzikry Fadlillah di menit 62. Baru 12 menit bermain, penggawa Timnas itu harus ditandu keluar karena cedera yang dialaminya.

"Sampai saat ini untuk Beckham masih diobservasi, kemarin memang ada kecurigaan patah tulang di daerah punggung kaki kanannya. Kami sudah lakukan x-ray atau foto rontgen tapi hasilnya belum begitu jelas," ucap Rafi.

"Tapi secara perbaikan dari tingkat kirinya berkurang, pembengkakan nya pun berkurang," ujar Rafi.

3. Ada lima pemain Persib saat ini alami cidera

Beckham Putra Kecewa Batal Tampil di Piala Asia U-23 karena CideraMarco Motta saat membela Persib Bandung. (instagram.com/marcklok)

Sementara itu, Pelatih Persib Bojan Hodak menyampaikan bahwa ditundanya kompetisi Liga 1 selama hampir satu bulan ini bisa dimanfaatkan untuk memulihkan cedera sejumlah pemainnya.

Diketahui, dalam beberapa waktu terakhir ada lima pemain yang mengalami cedera. Mereka di antaranya, Marc Klok, Beckham Putra, Ryan Kurnia, dan Ciro Alves.

Klok mengalami masalah pada tendon achilles dan kini sedang pemulihan mandiri, Beckham Putra cedera patah tulang di bagian punggung kaki kanan, Ciro Alves dan Ryan Kurnia nyeri di bagian lutut. Bojan pun menyampaikan kondisi terkini para anak asuhnya.

"Ciro sebenarnya jika kami tetap bermain melawan Persita, dia sudah siap. Mungkin Ryan belum siap, tapi sekarang dia jadi punya waktu lebih dan nanti mungkin sudah bisa kembali," kata Bojan di Bandung, Selasa (2/4).

Juru taktik asal Kroasia itu menuturkan, kapten mereka yakni Marc Klok besar kemungkinan bisa kembali memperkuat tim saat tim menghadapi Persebaya Surabaya pada pekan ke-32.

"Marc juga sudah dalam kondisi oke sebelum melawan Persebaya jika merujuk pada rencana awal. Jadi, kami memiliki lebih banyak waktu," ungkap dia.

Baca Juga: Adzikry, Gelandang Muda Persib Tampil Apik saat Debut di Tim Senior 

Baca Juga: Igbonefo Optimis Persib Mampu Finish di 4 Besar Liga Indonesia

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya