BBKSDA Jabar Lepasliarkan Seekor Kukang Jawa di Kawasan Hutan Sumedang

Kukang Jawa ditemukan warga di sekitar rumahnya

Bandung, IDN Times - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jabar melepasliarkan seekor primata berjenis kukang Jawa atau Nycticbus Javanicus. Pelepaliaran ini dilakukan langsung Tim Wildlife Rescue di kawasan Taman Buru Masigit Kareumbi, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (25/10/2023) lalu.

"Kami melakukan pelepasliaran Kukang, penyerahan masyarakat," kata Mamat, salah satu Tim Wildlife Rescue BBKSDA Jabar dikutip IDN Times dari Instagram @bbksda_jabar, Minggu (29/10/2023).

1. Berawal dari penangkapan oleh warga

BBKSDA Jabar Lepasliarkan Seekor Kukang Jawa di Kawasan Hutan SumedangIDN Times/Istimewa

Mamat menyebut, satwa ini hasil penyerahan warga bernama Dani dari Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Dia menemukan hewan tersebut disekitar rumahnya.

"Awalnya dia tangkap dari pohon depan rumahnya, kemudian dia telepon KSDA Jawa Barat maka kami langsung evakuasi kesana dan kami lepasliarkan karena kondisi satwa tersebut dalam kondisi sehat dan liar," ungkapnya.

2. Hewan ini masih liar sehingga tidak harus direhabilitasi

BBKSDA Jabar Lepasliarkan Seekor Kukang Jawa di Kawasan Hutan SumedangIDN Times/Istimewa

Karena kondisi satwa tersebut masih liar dan tidak harus untuk dilakukan rehabilitasi, maka pihaknya langsung melepasliarkan satwa tersebut ke hutan.

"Jadi dikembalikan ke alamnya. Lokasi pelepasliaran ini ada di Taman Buru Masigit Kareumbi," ujarnya.

3. Setiap satwa liar harus berada di alam

BBKSDA Jabar Lepasliarkan Seekor Kukang Jawa di Kawasan Hutan Sumedangklikhijau.com

Kepala BBKSDA Jawa Barat Irwan Asaad mengatakan, kukang merupakan satwa liar. Dia mengimbau, kepada masyarakat untuk tidak memelihara dan melakukan perburuan satwa liar.

"Satwa liar bukan untuk dipelihara, bukan untuk diperjualbelikan, bukan untuk dirawat di rumah. Satwa liar bertempat di alam," pungkasnya.

Baca Juga: 10 Hewan Liar Paling Ramah ke Manusia, dari Mamalia sampai Reptil!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya