Bayi 1,5 Bulan yang Dirawat di RSHS Dinyatakan Negatif COVID-19 

Saat ini RSHS merawat 11 pasien yang positif corona

Bandung, IDN Times - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung memastikan pasien dalam pengawasan (PDP) bayi berumur 1,5 bulan yang dirawat dinyatakan negatif FOVID-19. Hasil ini setelah RSHS melakukan pemeriksaan sampel swab kedua terhadap pasien.

Direktur Perencanaan Organisasi dan Umum RSHS Bandung M. Kamaruzzaman mengatakan, sebelumnya dalam tes pertama ada salah satu bayi dengan usia 1,5 bulan positif terpapar virus corona. Namun, setelah RSHS melakukan pengecekan kembali dengan sample swab, bayi ini ternyata negatif terpapar corona.

"bayi berusia 1,5 bulan yang sebelumnya dinyatakan positif, kini dipastikan negatif terinfeksi corona. Kepastian tersebut diperoleh setelah kembali dilakukan pemeriksaan swab," ujar Kamaruzzaman melalui siaran pers, Selasa (24/3) sore.

1. Jumlah pasien corona di RSHS bertambah menjadi 11 pasien

Bayi 1,5 Bulan yang Dirawat di RSHS Dinyatakan Negatif COVID-19 Penanganan pasien diduga terpapar virus Corona di RSHS Bandung. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Di sisi lain, Kamaruzzaman menuturkan, berdasarkan data terbaru RSHS, orang yang berstatus dalam pemantauan (ODP) mengalami peningkatan 33 orang sehingga total ODP berjumlah 255 orang (sebelumnya berjumlah 222).

Sementara itu, Kamaruzzaman menambahkan, pasien yang berstatus berada dalam pengawasan (PDP) kini berjumlah 24 pasien. Dari data tersebut, tercatat ada 11 pasien yang positif terinfeksi corona (sebelumnya tujuh). Mereka terdiri dari enam pria yang berada dalam rentang usia 26 hingga 61 tahun dan lima perempuan berada dalam rentang usia 30 hingga 61 tahun.

"Kasus PDP yang dirawat hari ini berjumlah 24 kasus PDP dan dari jumlah tersebut terkonfirmasi positif COVID-19 berjumlah 11 orang," kata dia.

2. Mayoritas mereka yang masuk PDP di atas 50 tahun

Bayi 1,5 Bulan yang Dirawat di RSHS Dinyatakan Negatif COVID-19 pexels.com/cottonbro

Dibandingkan dengan hari kemarin terjadi penambahan PDP positif yaitu lima orang mereka yang positif terdiri dari enam laki-laki dan lima perempuan dari enam laki-laki yang termuda berumur 24 tahun kemudian 32 tahun, 49 tahun, 53 tahun, 57 tahun, dan 61 tahun. Yang perempuan termuda berumur 30 tahun kemudian 39 tahun, 43 tahun, 59 tahun, dan 61 tahunia.

Kamaruzzaman memastikan, seluruh pasien berstatus sebagai PDP mendapatkan layanan dengan baik. "Mereka ditempatkan di sejumlah ruangan isolasi yang sudah disediakan," ujarnya.

3. Hasil swab dua pasien yang meninggal di RSHS positif COVID-19

Bayi 1,5 Bulan yang Dirawat di RSHS Dinyatakan Negatif COVID-19 IDN Times/Debbie Sutrisno

Kamaruzzaman mengatakan, dua pasien yang meninggal dunia pada tanggal 21 dan 22 Maret lalu dipastikan terinfeksi corona setelah dilakukan berbagai pemeriksaan. Dengan penambahan tersebut, maka sudah ada lima pasien yang telah meninggal dunia di Hasan Sadikin Bandung. Empat dari lima pasien meninggal dunia karena terinfeksi corona.

"PDP yang meninggal untuk tanggal 21 dan 22 Maret lalu hasil swab-nya sudah keluar hari ini dan keduanya dinyatakan terkonfirmasi positif, keduanya adalah laki-laki masing-masing berusia 47 tahun dan 69 tahun," terang dia.

4. RSHS imbau masyarakat bisa menjaga diri dan mengurangi aktivitas di luar ruangan

Bayi 1,5 Bulan yang Dirawat di RSHS Dinyatakan Negatif COVID-19 Instagram.com/bangmeds

Kamaruzzaman pun kembali mengimbau pada masyarakat agar senantiasa menerapkan pola perilaku hidup sehat, mengurangi intensitas kegiatan di luar rumah yang tidak terlalu penting, menghindari kerumunan massa, dan selalu berupaya untuk melakukan social distancing.

"Menghindari kerumunan massa dan melaksanakan social distancing," paparnya.

Baca Juga: 5 Cara WFH untuk Ibu yang Punya Bayi, Kerja Jadi Tenang & Nyaman! 

Baca Juga: Kena Dampak COVID-19 Paling Parah di Benua, Afrika Selatan Lockdown

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya