Basarnas Gunakan Helikopter Cari KM Putra Barokah di Perairan Indramayu

Ada 18 ABK di kapal yang hilang kontak ini

Indramayu, IDN Times - Kapal penangkap ikan KM Putra Barokah SN yang hilang di perairan Kabupaten Indramayu masih belum ditemukan. Pencarian terus diupayakan seluruh pihak. Basarnah pun melakukan koordinasi secara intens dengan VTS terkait dan PT Yukom UCT.

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah menuturkan, hari ini, pukul 07.15 WIB, satu unit helikopter HR-3640 jenis Dauphin bertolak dari Bandara Kertajati mulai melakukan pencarian dengan pantauan udara menuju koordinat LKP (Last Known Position).

"Juga pencarian pada titik koordinat yang memungkinkan dilalui oleh KM Putra Barokah SN berdasarkan SAR Map Prediction," ujar Deden, Selasa (8/3/2022).

1. Kapal nelayan ikut serta lakukan pencarian

Basarnas Gunakan Helikopter Cari KM Putra Barokah di Perairan IndramayuIlustrasi. Nelayan di Kabupaten Tangerang terdampak wabah COVID-19 (ANTARA FOTO/Fauzan)

Selain helikopter, lanjut Deden, SAR Bandung juga dibantu kapal nelayan Agung Jaya yang berangkat dari titik Koordinat 5°52'00"S 107°57'00"E menuju ke lokasi kejadian awal untuk melakukan pencarian. Sementara itu, tim SAR Gabungan melakukan pemantauan di Pantai Tanjung Sedari dan Sungai Cibuntu.

"Karena informasi dari PT Yukom sempat terdeteksi KM Putra Barokah SN berada di Perairan Karawang namun sinyal tersebut kembali hilang atau SOS," kata dia.

2. Berharap semua awak kapal selamat

Basarnas Gunakan Helikopter Cari KM Putra Barokah di Perairan IndramayuPencarian KM Putra Barokah yang hilang di perairan Indramayu. IDN Times/Istimewa

Deden berharap upaya pencarian bisa dilakukan secara maksimal dan dapat membuahkan hasil. Terlebih untuk besar harapan seluruh POB (awak kapal) dapat ditemukan dalam keadaan selamat dan sehat.

Adapun alat yang digunakan dalam pencarian hari ini yaitu 1 Unit HR-3604, 1 Unit Kapal Agung Jaya, 1 Unit Rescue Truck, 3 Unit Rescue Car, 1 Set Pal Air, 1 Set Peralatan Alkom, 1 Set Peralatan Medis dan APD Personal. Unsur SAR terlibat antara lain Basarnas Bandung, Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan, LANUD Sukani, TNI AL Eretan, Polairud Eretan Polres Indramayu, AP II Kertajati , VTS Pelabuhan Cirebon, Pertamina Kilang Karawang, Dinas Perikanan Eretan dan KUD Misayamina

3. Kapal KM Putra Barokah diketahui hilang kontak sejak Minggu

Basarnas Gunakan Helikopter Cari KM Putra Barokah di Perairan IndramayuIlustrasi Kapal Feri (Kapal Penyeberangan) (IDN Times/Sukma Shakti)

Kapal KM Putra Barokah Jaya dikabarkan hilang kontak di perairan Eretan, Kabupaten Indramayu. Kepastian hilangnya kontak kapal ini setela SAR Bandung melakukan pencarian selama beberapa hari.

Berdasarkan laporan yang diterima KM Putra Barokah Jaya bertolak dari Pelabuhan Eretan pada Kamis (3/3/2022) pukul 13.00 WIB menuju Ground Fishing. Semua kegiatan dan pergerakan kapal tersebut terpantau oleh aplikasi Yukom VMA.

Namun pada Minggu (6/3/2022) pukul 05.16 WIB kapal tersebut tidak terdeteksi oleh aplikasi tersebut hingga saat ini ( SOS). Adapun kapal bermuatan 18 POB (Person On Board) dengan ID Kapal 30200698.

Jika ada pihak yang mengetahui informasi ini bisa langsung menguhubuni kantor SAR Bandung yang beralamat di Jalan Raya Bandung- Garut Km 27, Cimanggung-Sumedang, Jawa Barat.
No Telpon : (022) 7780437
No. Whats App : +62 813-1616-3355
Email: kantorsarbandung@gmail.com
Instagram: https://instagram.com/basarnas_jabar?utm_medium=copy_link
Website: https://bandung.basarnas.go.id/

Baca Juga: [BREAKING] KM Putra Barokah SN Hilang Kontak di Perairan Indramayu

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya