Baru Usia 25 Tahun, Wiwit Nurhidaya Menyandang Empat Gelar Akademik

Dia masih ingin melanjutkan studinya

Bandung, IDN Times - Pada usia 25 tahun kalian biasanya lagi apa sih? Bekerja atau masih menuntut ilmu? Biasanya, pada usia ini, para anak muda sedang asik bekerja setelah lulus dari perkuliahan. Namun tidak dengan Wiwit Nurhidayah.

Perempuan 25 tahun tersebut mampu menyelesaikan pendidikan dan menyandang empat gelar di usia ini.

Empat gelar tersebut yaitu Sarjana Farmasi (S.Farm.), Apoteker (Apt.), Magister Sains (M.Si.,). Gelar terakhir, yaitu Doktor (Dr.), yang resmi ia dapatkan usai menjalani Sidang Terbuka pada Program Doktor Kimia Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran di Ruang Sidang Einsten Gedung Dekanat FMIPA Unpad.

1. Bertekad menjadi seorang ilmuan

Baru Usia 25 Tahun, Wiwit Nurhidaya Menyandang Empat Gelar Akademikunsplash.com/cdc

Bertekad untuk menjadi seorang ilmuwan, Wiwit berhasil meraih gelar Doktor di usia muda berkat program beasiswa PMDSU Kemendikbudristek RI. Lulus menjadi Sarjana dari Fakultas Farmasi Unpad 2018 akhir, Wiwit langsung ikut program Profesi Apoteker sembari mengajukan lamaran untuk program beasiswa PMDSU.

Ia pun berhasil menjadi penerima beasiswa dan diterima pada Program Magister dan Doktor Kimia FMIPA Unpad. Proses kuliahnya tidak ia sia-siakan.

Ia pun berhasil lulus dengan predikat “Pujian” setelah mempertahankan disertasinya yang berjudul “The Cellular and Preclinical Evaluations of [125/131]Ialpha Mangostin as Radiopharmaceutical Candidate for Breast Cancer”.

“Jujur gak nyangka bisa sampai ke S3, dan bahkan gak ada bayangan mau jadi Doktor,” kata Wiwit dikutip dari siaran pers Unpad, Rabu (9/8/2023).

2. Hasilkan dua publikasi ilmiah

Baru Usia 25 Tahun, Wiwit Nurhidaya Menyandang Empat Gelar AkademikIlustrasi Penelitian Ilmiah. IDN Times/Mardya Shakti

Riset tesis dan disertasi yang dilakukan Wiwit merupakan lanjutan dari apa yang sudah ditelitinya dalam skripsi di bawah bimbingan Prof. apt. Muchtaridi, PhD, tentang potensi buah manggis. Dari hasil penelitiannya, Wiwit berhasil memublikasikan dua publikasi ilmiah pada jurnal Q1 sebagai penulis pertama.

Tidak hanya dipromotori oleh dosen Unpad, riset Wiwit juga dipromotori oleh Prof. Tomoya Uehara, PhD, dari Chiba University, Jepang.

3. Ingin lanjutkan studi Post-doctoral

Baru Usia 25 Tahun, Wiwit Nurhidaya Menyandang Empat Gelar Akademikbing.com

Berhasil meraih empat gelar akademik di usia muda, Wiwit masih berjibaku untuk mewujudkan cita-citanya. Karier keilmuannya tidak berhenti hanya sampai Doktor. Saat ini, ia berencana untuk melanjutkan studi Post-doctoral.

“Mungkin orang lain bilang 'oh udah dapat gelar tinggi lalu sudah'. Buat saya ini bukan titik akhir tapi justru ini permulaan karena di titik ini saya masih merasa belum punya apa-apa. Masih masih banyak yang ingin dipelajari, ingin dicoba. Jadi harapannya meskipun sudah dapat gelar doktor ini saya akan tetap terus belajar untuk bisa menjadi lebih baik lagi,” tuturnya.

Baca Juga: Info Yayasan Beasiswa Jakarta, Dana Pendidikan untuk Mahasiswa Jakarta

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya