Bantu Penanganan COVID-19, Gaji Gubernur hingga ASN Jabar Dipotong

Pemangkasan gaji mereka dilakukan selama empat bulan

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan dirinya akan memotong gaji bulanan yang didapat untuk dialihkan dalam percepatan penanggulangan penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19). Pemangkasan ini bukan hanya dilakukan kepadanya tapi juga Wakil Gubernur hingga Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar).

"Untuk mengurangi beban masyarakat dan percepatan penanggulangan penyebaran virus covid-19, maka gaji Gubernur, Wakil Gubernur dan para ASN (Aparatur Sipil Negara) atau PNS di Pemprov Jawa Barat akan dipotong selama 4 bulan ke depan," ujar Emil dalam unggahan di Instagram pribadinya, Senin (30/3).

1. Mengajak pihak lain untuk bisa ikut membantu penyediaan anggaran

Bantu Penanganan COVID-19, Gaji Gubernur hingga ASN Jabar DipotongIlustrasi (IDN Times/Ita Malau)

Selain itu, Emil pun mengajak masyarakat secara pribadi maupun dalam kelompok tertentu yang memiliki keluangan harta untuk bisa bersama-sama menyumbang uang demi perjuangan melawan virus ini.

"Menolong masyarakat yang tidak mampu melalui kesetiakawanan sosial. Bersama, Insya Allah, #KitaPastiMenang," kata dia.

2. Bisa menyumbang lewat aplikasi PIKOBAR

Bantu Penanganan COVID-19, Gaji Gubernur hingga ASN Jabar DipotongAplikasi Pikobar

Emil mengatakan, untuk mereka yang ingin membantu pendanaan dalam pengentasan COVID-19, bisa mengunduh aplikasi PIKOBAR. Dalam aplikasi ini terdapat fitur bagi siapa saja yang ingin memberikan donasi.

"Bisa ke aplikasi PIKOBAR, fitur donasi," ujar Emil.

3. Disambut berbagai ekspresi oleh warganet

Bantu Penanganan COVID-19, Gaji Gubernur hingga ASN Jabar DipotongIlustrasi uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Atas pernyataan ini, Emil pun mendapat apresiasi dari para pengikutinya di Instagram. Misalnya, akun @katariski_ menyebut tindakan ini merupakan hal yang luar biasa.

"Yang kaya gini yang sesungguhnya memiliki hati yang paling luar biasa. Mengedepankan yang lebih membutuhkan. Semoga, bisa dicontoh untuk kita semua. Selalu baik!"

Sementara itu, akun @shigaru berharap Emil tidak hanya memangkas anggaran gaji dia dan ASN, tetapi para Muspida dan anggota DPRD Jabar pun diajak untuk sama-sama berdonasi dengan memanggkas gaji bulanannya.

"Kang ajak juga jajaran Muspida, Khususnya DPRD Jabar. Lumayan itu"

Baca Juga: Akibat COVID-19, Pemerintah Malaysia dan Singapura Sumbangkan Gaji

Baca Juga: Buntut Virus Corona, Gaji Cristiano Ronaldo Dipotong Rp68 Miliar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya