Bandung Ditinggal Mudik, Polisi Patrolikan Ratusan Mobil Jaga Keamanan

Pastikan rumah kalian terkunci secara aman

Bandung, IDN Times - Kota Bandung diprediksi akan lebih sepi dari biasanya karena banyak masyarakat yang mudik jelang Lebaran 2023. Untuk mengantisipasi kejahatan jalanan, tindak pencurian serta tindak pidana lainnya, ratusan mobil patroli diperintahkan untuk lakukan keliling Kota Bandung.

Perintah tersebut, langsung disampaikan oleh Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Budi Sartono. "Jangan ada yang diam. Semua mobile," kata Budi, saat pimpin apel, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Gedebage, Kota Bandung, Rabu (19/4/2023) malam.

1. Ada 120 mobil patroli dan keliling Kota Bandung

Bandung Ditinggal Mudik, Polisi Patrolikan Ratusan Mobil Jaga KeamananIlustrasi mobil patroli polisi. IDN Times/Istimewa k

Budi menuturkan, ada 120 mobil patroli yang disiagakan untuk kelilingi kota Bandung. Salah satu antisipasinya yakni rumah-rumah kosong yang ditinggal mudik masyarakat.

"Saya perintahkan untuk nyalakan rotator, dan dan keliling patroli. Ini akan kita lakukan setiap hari," katanya.

Budi mengatakan, dengan patroli ini ia mengharapkan dapat menekan kejadian tindak pidana terutama yang meresahkan masyarakat.

"Kita berharap, dengan banyak patroli ini, Bandung aman dan nyaman," pungkasnya.

2. Anggota bakal rutin lakukan penyisiran di titik rawan kejahatan

Bandung Ditinggal Mudik, Polisi Patrolikan Ratusan Mobil Jaga KeamananIDN Times/Debbie Sutrisno

Untuk menciptakan Kota Bandung yang kondusif dan aman, ia mengatakan terus berupaya melakukan pencegahan dengan cara menempatkan anggota kepolisian di lokasi rawan kejahatan. Termasuk memaksimalkan tim Prabu.

"Nanti akan diberdayakan lagi seluruh satuan di Polrestabes Bandung, ada mobil patroli. Lusa ada apel besar, mobil patroli ada memberikan rasa aman dan nyaman," katanya.

3. Tim Prabu siap pantau jalanan Kota Bandung

Bandung Ditinggal Mudik, Polisi Patrolikan Ratusan Mobil Jaga KeamananIDN Times/Debbie Sutrisno

Sebelumnya, Polrestabes Bandung kembali menghidupkan tim prabu yang beberapa tahun ke belakang sempat ditiadakan. Tim ini diharap bisa menjadi garda terdepan untuk mengantisipasi aksi kriminalitas di jalanan pada malam hari.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono menuturkan, tim ini mulai bekerja pada Kamis (6/4/2023) malam. Mereka bersama dengan anggota kepolisian lainnya sepert Samapta dan Satlantas diberi tugas untuk menggiatkan kembali patroli malam.

"Kita ingin berikan rasa aman dan nyaman khususnya bagi warga Kota Bandung. Maka saja perintahkan Tim Prabu ini mulai aktif lagi ke depannya," kata Budi ditemui di Taman Dago Cikapayang, Kamis (6/4/2023).

Dia menuturkan, tim ini harus bisa bekerja cepet ketika ada kejadian tertentu sambil memantu aktivitas masyarakat di malam hari. Karena melakukan patroli menggu akan sepeda motor, mereka harus bisa lebih cepat datang ke tempat kejadian peristiwa (TKP) ketika ada aksi kejahatan seperti begal.

Kemudian saat ada kejadian atau kerumunan konvoi bermotor bisa langsung dibubarkan oleh tim ini. Dan ketika ada aksi kejahatan diharap bisa lebih cepat melakukan penangkapan pelakunya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya