Comscore Tracker

Bandara Kertajati Siapkan Layanan Penerbangan Carter Umrah dan Kargo

Tim dari Arab Saudi direncanakan segera meninjau Kertajati

Bandung, IDN Times - Manajemen PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) tengah mempersiapkan sejumlah strategi bisnis jangka pendek sebagai bagian dari upaya perbaikan ekonomi di masa pandemik COVID-19. Direktur Utama PT BIJB Salahudin Rafi mengatakan, regulasi dari Kementerian Perhubungan sudah memudahkan pihaknya kembali membuka layanan penerbangan.

PT BIJB saat ini sudah merintis pembicaraan dan sejumlah langkah untuk kembali menghidupkan layanan penerbangan khusus dari Bandara Kertajati, Majalengka. antara lain umrah dan kargo. “Kami sudah kumpulkan agen travel umrah dan melobi PT Garuda Indonesia untuk charter flight umrah pada September, sekaligus juga kargo,” katanya, Rabu (28/7/2020).

1. Selama ini penerbangan umrah dari Kertajati terhambat karena pandemik

Bandara Kertajati Siapkan Layanan Penerbangan Carter Umrah dan KargoPenyemprotan disinfektan di Bandara Kertajati sebagai langkah antsipasi penyebaran virus corona. IDN Times/Istimewa

Menurutnya penerbangan khusus ini dilakukan pihaknya dengan menyewa pesawat untuk menerbangkan jemaah umrah dari Jawa Barat yang selama ini keberangkatannya tertahan selama pemerintah Arab Saudi melakukan penanganan pandemi COVID-19.

Sementara untuk pengiriman kargo, peluang bisnis dengan menyewakan pesawat sangat terbuka mengingat saat ini 90 persen layanan kargo di Indonesia menggunakan pesawat komersil setiap harinya.

“September kita bisa mulai layanan ini karena selama pandemi transportasi udara untuk pengiriman barang masih ada,” katanya.

2. Upaya meningkatkan pengguna Bandara Kertajati lewat sektor pariwisata pun dilakukan

Bandara Kertajati Siapkan Layanan Penerbangan Carter Umrah dan KargoInstagram

Di sisi lain, Rafi mengaku pihaknya juga terus melakukan pembicaraan dengan para kepala daerah khususnya Bupati Majalengka untuk terus memasarkan objek-objek wisata di wilayah tersebut.

“Kita coba maksimalkan turis domestik untuk membangkitkan pariwisata Jawa Barat,” tutur Rafi.

Bandara Kertajati sempat menikmati kue ekonomi dari layanan kargo pada 2019 lalu dengan kapasitas sebesar 400 ton. Layanan ini masih berjalan pada Januari lalu lalu kemudian turun drastis sejak Maret akibat adanya pandemi COVID-19.

“Sekarang pendapatan kami hanya dari parkir pesawat pindahan dari Soekarno-Hatta,” katanya.

Rencana membuka layanan khusus pada September menurutnya sesuai dengan hasil survei yang dilakukan pihaknya pada pengguna. Diperkirakan 62 pers bakal terbang kembali dengan melihat penerapan protokol kesehatan di bandara.

"Kami lihat September akan ada pergerakan," kata dia

3. Kemenlu sebut tim kerja dari Arab Saudi akan segera meninjau kesiapan Bandara Kertajati

Bandara Kertajati Siapkan Layanan Penerbangan Carter Umrah dan KargoDok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri telah berkirim surat ke PT BIJB. Surat bernomor 08335/BK/07/2020/31perihal Persetujuan Otoritas Arab Saudi atas Penetapan Bandara Internasional Kertajati sebagai Embarkasi Kedatangan Haji. Surat ini ditandatangani Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Direktur Timur Tengah, Achmad Rizal Purnama.

Adapun isi surat tersebut sebagai berikut:

1. Direktorat Timur Tengah, Kementerian Luar Negeri, telah menerima Nota Diplomatik dari Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta No. 3079-211 yang menyampaikan bahwa otoritas terkait di Arab Saudi telah menyetujui penetapan Bandar Udara Internasional Kertajati
sebagai embarkasi kedatangan jemaah haji Indonesia melalui Saudi Airlines, sebagaimana
terlampir.

2. Pihak Arab Saudi mengharapkan agar kiranya pihak Indonesia dapat memenuhi komitmen untuk dapat menjamin kedatangan para jamaah haji dari Asrama Haji Bekasi ke bandara
tersebut sesuai dengan jadwal yang nantinya akan ditetapkan, mengingat jauhnya jarak antara Asrama Haji Bekasi dan Bandara Kertajati.

3. Diinformasikan bahwa Tim Kerja Arab Saudi akan berkunjung ke Bandara Kertajati untuk memastikan pelaksanaan seluruh persyaratan dan kesiapan bandara. Pihak Indonesia
diharapkan dapat memenuhi persyaratan sebagaimana disebutkan dalam nota diplomatik sesuai dengan persyaratan persiapan musim haji yang akan datang.

4. Sehubungan dengan hal tersebut, mohon bantuan Saudara/i untuk dapat menindaklanjuti persyaratan-persayatan dimaksud dan memastikan kesiapan Bandara Internasional Kertajati sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga: Tol Cisumdawu Berlanjut, BIJB Bangun Proyek Hotel dan Kampung Kargo

Baca Juga: Melihat Kesunyian Bandara BIJB Kertajati Akibat Pandemi Virus Corona

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya