Asia Afrika Festival Digelar Besok, Ini Kegiatan yang Bisa Dinikmati

Acara ini disiarkan online di YouTube Diskominfo Kota Bandung 

Bandung, IDN Times - Kota Bandung akan menggelar karnaval Asia Africa Festival (AAF) 2024 pada Sabtu dan Minggu, besok. Pemkot Bandung merancang dua hari tersebut sebagai pestanya warga Bandung, dan juga masyarakat Asia dan Afrika.

Bertajuk Asia Africa Corner 2024, kegiatan ini bakal dibuka pada Sabtu, 6 Juli 2024. Sejumlah acara juga bakal digelar mulai dari Cultural Dance or Similar dan Perform Asia Africa Corner Main Artist. Selanjutnya pada Minggu, 7 Juli 2024, bakal ada lebih banyak lagi keseruan. Mulai dari penampilan komunitas lokal, penampilan kesenian, serta rangkaian lainnya menuju penutupan Asia Africa Festival.

Selain itu, bakal hadir juga pameran dengan menampilkan 40 tenan dengan kategori UKM dari 17 sub-sektor pelaku ekonomi kreatif yang dikurasi oleh tim Disbudpar Kota Bandung dan Tokopedia.

Lalu, akan ada 20 tenan kategori fesyen, 10 beauty dan FNB. Seluruh gelaran Asia Africa Festival 2024 bakal digelar di Jalan Braga Pendek, Kota Bandung.

1. Hindari ruas jalan ini selama kegiatan AAF

Asia Afrika Festival Digelar Besok, Ini Kegiatan yang Bisa DinikmatiDok. Humas Pemkot Bandung

Untuk menyukseskan acara tersebut, Pemkot Bandung merekayasa lalu lintas berupa penutupan jalan dan pengalihan arus kendaraan. Ruas jalan yang akan ditutup bukan hanya jalur yang bakal menjadi rute parade atau karnaval budaya para peserta Festival Asia Afrika 2024. Penutupan jalan juga akan diterapkan pada Jalan Braga pendek.

Sedangkan rute jalur karnaval budaya peserta Asia Africa Festival 2024 adalah start dari depan Hotel Savoy Homann hingga finish di ujung Jalan Cikapundung Barat. Untuk mendukung kelancaran parade budaya tersebut direncanakan ruas jalan tersebut akan ditutup sementara, serta di ruas Jalan Braga pendek.

Di dalam pelaksanaan nya akan dilakukan penutupan jalan di simpang empat jalan Asia Afrika - Tamblong, Dishub pun akan melakukan manajemen rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi gangguan – gangguan arus lalu lintas agar dapat meminimalisir supaya tidak terjadi kemacetan yang parah di jalan – jalan yang terhubung.

Rekayasa Lalulintas tersebut antara lain, Jalan Asia Afrika dari simpang lima sampai simpang empat Jalan Asia Afrika dan Jalan Tamblong, Naripan dan Lengkong. Selanjutnya, penutupan jalan juga dilakukan di Jalan Braga, serta Jalan Lengkong Kecil, arus lalu lintas di searahkan ke arah timur ke Jalan Karapitan.

Dishub juga akan mengalihkan arus lalu lintas ke Jalan Nanceuy yang dari Jalan ABC – Jalan Alkateri yang akan mengarah ke Jalan ABC dan Jalan Naripan, apabila terjadi kemacetan di jalan tersebut.

Selain itu, ada pula pengaturan fase waktu di traffic light simpang Lembong – Asia Afrika dan simpang Lembong – Lengkong Kecil serta pengaturan oleh petugas di jalan – jalan yang beririsan dengan Jalan Lembong, Naripan dan Lengkong Kecil.

2. Ini kantong parkir yang bisa dipakai pengunjung ketika hadir di AAF

Asia Afrika Festival Digelar Besok, Ini Kegiatan yang Bisa DinikmatiJalan Braga (instagram.com/muhfauzy)

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menyiapkan sejumlah kantong parkir saat penutupan Jalan Asia Afrika dan Jalan Braga Pendek. Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Asep Koswara mengatakan, kantong parkir itu disediakan guna mencegah terjadinya kemacetan lalu lintas saat penutupan jalan.

Kantong Parkir akan dibagi menjadi dua yakni Parkir on Street dan Parkir di aset pemerintah dan Swasta. Untuk parkir on street, para pengunjung Asia Afrika Festival dapat memarkir kendaraannya di sejumlah jalan, yakni:

1. Jl. ABC
2. Jl. Terusan Naripan
3. Jl. Braga ( Setelah Rel)
4. Jl. Viaduct
5. Jl. Dalem Kaum.

Sementara itu, pengunjung juga bisa memarkir kendaraannya disejumlah aset pemerintah dan Swasta diantaranya:

1. Area parkir Balaikota Bandung Jl. Wastukancana
2. Area parkir Taman Dewi Sartika
3. Area parkir Dinas SDA Jabar Jl. Braga
4. Area parkir Bank Bandung Kota Bandung
5. Basement alun-alun
6. Area parkir Kantor Pos belakang
7. Area parkir Eks Matahari

Dishub bersama Disbudpar dan Polrestabes Bandung juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sepanjang jalur rute parade dari Jl. Asia Afrika sampai dengan Jl. Cikapundung Barat antisipasi pengamanan penonton parade di sepanjang jalan tersebut.

Dishub juga akan melakukan pengaturan serta perubahan posisi parkir yang baik oleh petugas parkir agar kendaraan yang di badan jalan tidak menjadi sumber kemacetan lalu lintas.

3. Sejumlah musisi bakal meriahkan gelaran ini

Asia Afrika Festival Digelar Besok, Ini Kegiatan yang Bisa DinikmatiDok. Humas Pemkot Bandung

Sejumlah bintang tamu akan menyuguhkan penampilan spesial mereka dalam rangkaian acara Festival Asia Afrika. Selain karnaval budaya, acara Asia Africa Festival juga akan menghadirkan kegiatan menarik lain seperti coffee morning, city tour, diskusi kebudayaan, stage of art, dan Asia Africa Corner.

Asia Africa Festival ini akan dihadiri oleh perwakilan 31 delegasi negara Asia dan Afrika, dan 6 perwakilan kabupaten/kota dan komunitas seni Kota Bandung Bandung.

Lokasi serangkaian agenda acara Festival Asia Afrika 2024 ini bertempat di kawasan Jalan Asia Afrika hingga Jalan Braga pendek. Sejumlah artis hingga musisi yang akan menjadi bintang tamu untuk memeriahkan panggung hiburan Asia Africa Festival 2024 antara lain:

1. 3 Pemuda Berbahaya
2. Veni Nurdaisy
3. Tiga Nama feat. Ayuni & Tika
4. Iankanlah
5. Ega Robot Percussion
6. Nyentrik percussion
7. Bandung Culture
8. Tibelat Reak Benjang
9. Gita Pakuan Marching Band
10. B Friend
11. Angklung Taman
12. Hayu Ameng
13. Kopdar Jazz
14. Ulin Barong
15. SMA Mekar Arum
16. Fashion Drawing
17. Koboy Braga

4. AAF 2024 bisa disaksikan secara online juga loh

Asia Afrika Festival Digelar Besok, Ini Kegiatan yang Bisa DinikmatiDok. Humas Pemkot Bandung

Bagi kamu yang tidak bisa hadir langsung menyaksikan Asia Africa Festival 2024, tak perlu khawatir ketinggalan momen keseruan yang rencananya dihadiri 31 delegasi negara Asia Afrika. Pertunjukan parade Asia Africa Festival 2024 yang digelar pada 6 Juli 2024 mendatang akan ditayangkan secara langsung dari lokasi acara melalui kanal YouTube Diskominfo Kota Bandung.

Live Streaming Asia Africa Festival 2024 akan dimulai Sabtu, 6 Juli 2024 pukul 13.30 WIB di kanal YouTube Diskominfo Kota Bandung.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Asia Africa Festival 2024, anda bisa memperbaruinya melalui laman Instagram @disbudpar.bdg dan @humas_bandung serta tiktok @humasbdg.

Baca Juga: Tips Nyaman Menyaksikan Keseruan Asia Africa Festival 2024

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya