Asia Afrika Festival 2019 Berkonsep Solidaritas untuk Palestina

1.100 pihak bakal terlibat dalam perhelatan ini

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali menggelar perhelatan Asia Afrika Festival (AAF) tahun ini. Acara yang merupakan kemeriahan dari peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-64 akan digelar di sepanjang Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Sabtu (29/6). Sejumlah negara peserta KAA akan ikut bagian dalam atraksi kebudayaan yang berlangsung nanti.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, penyelenggaraan tahun ini memiliki perbedaan konsep dengan kegiatan tahun lalu di mana sekarang acara berkonsep solidaritas untuk Palestina. Seluruh persiapan acara baik yang dilakukan di sekitar Pemkot Bandung maupun di sekitar Gedung Asia Afrika sudah hampir selesai.

"Persiapannya sudah 99 persen. Satu persennya ini tinggal cuaca nanti malam saat gala dinner (makan malam). Mudah-mudahan berjalan lancar," kaya Yana ditemui di kantornya, Jumat (28/6).

1. Mendukung kemerdekaan Palestina secara utuh

Asia Afrika Festival 2019 Berkonsep Solidaritas untuk Palestinaelim.ir

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dewi Kaniasari, menuturkan, dalam acara nanti akan ada slodarity walk di mana hal ini juga dilakukan tahun lalu dengan history walk para pimpinan negara. Solidarity walk ini dilakukan dalam rangka dukungan Pemkot Bandung untuk saudara di Palestina.

"Dengan ini mudah-mudahan bisa terbentuk rakyat Palestina yang merdeka," paparnya.

Solidarity walk sengaja menjadi pembuka karena Pemkot Bandung ingin memperlihatkan keseriusan Indonesia mendukung upaya Palestina mendapatkan kemerdekaan. Setelah solidarity walk akan ada kunjungan ke Museum Asia Afrika untuk selanjutnya mengikuti karnaval yang diadakan.

2. 1.100 orang akan ramaikan perhelatan

Asia Afrika Festival 2019 Berkonsep Solidaritas untuk Palestinainstagram.com/roman_acbarmovich

Dewi mengatakan, acara ini akan sangat meriah karena banyak pihak ikut serta dalam karnaval kebudayaan. Setidaknya 1.100 orang dari berbagai daerah akan ikut dalam acara ini. Sementara dari sedikitnya 40 sampai 50 orang perwakilan VVIP dari delegasi berbagai negara juga turut hadir.

"Ada dari kedutaan besar yang sudah pasti datang. Ini akan menjadi promosi baik bagi Bandung lewat Asia Afrika Festival," papar Dewi.

adapun 19 negara sahabat di kawasan Asia Afrika yang akan hadir yakni, Jepang, Maroko, Tunisia, Sudan, Aljazair, Ethiopia, Irak, Palestina, Nigeria, Laos, Afganistan, Kuait, Mesir, Afrika Selatan, Myanmar akan hadir dalam acara tersebut. 

3. Kegiatan akan berdampak para perekonomian kota

Asia Afrika Festival 2019 Berkonsep Solidaritas untuk Palestinahayyi`s picture

Dalam kesempatan, Yana mengimbau, agar masyarakat ikut meramaikan acara besok. Namun tetap mengindahkan kebersihkan dan ketertiban sehingga kenyamanan menjadi hal yang paling utama dalam penyelenggaraan ini.

"Jalan Asia Afrika buka tutup lah ya, enggak ada kita tutup permanen. Tapi sekeliling masyarakat yang mau nonton memanfaatkan kantung-kantung parkir yang ada di sekitar wilayah acara, ya alun-alun cukup banyak lah. Jadi nikmati saja Asia Afrika Festiva ini, tertib aja gitu," katanya. 

Yana pun yakin Asia Afrika Festival bisa memberi banyak manfaat dari sektor perekonomian. Ini bisa terlihat dari okupansi perhotelan yang sudah penuh.

"Nanti mereka (delegasi) juga akan dibawa ke beberapa tempat dan pasti belanja barang, ini berdampak juga," ujarnya.

Baca Juga: Masuk 10 Acara Top Kemenpar, Asia Afrika Festival 2019 Segera Digelar 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya