Apindo Jabar Ajak New Balance Investasi di Kawasan Rebana 

Jabar akan punya pusat industri baru

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat giat melakukan pertemuan dengan perusahaan internasional dan mengajak berinevstasi khususnya di kawasan Segitiga Rebana. Upaya itu juga dilakukan pelaku usaha salah satunya Apindo Jabar.

Ketua Apindo Jabar Ning Wahyu Astutik menuturkan, peran pelaku usaha untuk memboyong investor masuk ke Tanah Pasundan harus dilakukan. Sebab, tidak mungkin Jabar bisa meningkatkan investasi jika hanya mengandalkan pemerintah.

Terbaru, Apindo Jabar melakukan penjabaran mengenai iklim investasi di hadapan calon investor, antara lain perusahaan sepatu New Balance. Dia memastikan investasi di Jabar bisa menguntungkan investor karena sumber daya manusia (SDM) di Jabar banyak diklaim berkualitas.

“Kemudian upah masih sangat kompetitif dan infrastruktur yang maju di antaranya Bandara Kertajati serta Pelabuhan Patimban bisa jadi penunjang bisnis,” ujar Ning kepada wartawan, Senin (1/11/2021).

1. Kemudahan berinvestasi di kawasan baru pasti diberikan pemerintah

Apindo Jabar Ajak New Balance Investasi di Kawasan Rebana Ilustrasi investasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Dia menjelaskan, pengembangan Kawasan Segitiga Rebana saat ini menjadi fokus pemerintah provinsi Jawa Barat yang mendapat dukungan dari pemerintah pusat. Dengan total luas lahan mencapai 43.913 hektare, maka Segitiga Rebana bisa menjadi lokasi calon investor untuk menanamkan modalnya.

Di samping itu adanya fasilitas-fasilitas dari pemerintah berupa tax holiday, tax allowance, investment allowance, dan deductive tax akan menjadi pendorong investor untuk berinvestasi di Jabar khususnya, dan Indonesia pada umumnya.

“Tidak dipungkiri kita semua menuju high tech, digitalisasi industri, seperti yang sering disebutkan yaitu 4.0 atau bahkan 5.0. Namun industri padat karya tetap masih dibutuhkan dengan adanya ketersediaan angkatan kerja serta transisi teknologi yang belum sepenuhnya terjadi dan terpenuhi,” paparnya.

2. Rebana akan jadi pusat perekonomian baru di Jabar

Apindo Jabar Ajak New Balance Investasi di Kawasan Rebana Pelabuhan Patimban yang masuk dalam kawasan Rebana Metropolitan berada di Kabupaten Subang. Dokumen Kemenhub

Sementara Menteri BUMN Erick Thohir menuturkan, pemerintah akan mendorong kawasan Rebana untuk segera menjadi daerah industri baru.

Erick mengatakan, Kabupaten Subang harus dirancang untuk menjadi daerah perekonomian baru di Jawa Barat (Jabar). Untuk menunjang keberadaan Patimban, Subang harus menjadi pusat kegiatan masyarakat.

"Patimban ini tidak cukup, di luar itu salah satunya adalah Subang untuk menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di sana," ungkap Erick.

3. Pencarian investor dilakukan untuk penuntasan kawasan Rebana

Apindo Jabar Ajak New Balance Investasi di Kawasan Rebana Ilustrasi infrastruktur (IDN Times/Arief Rahmat)

Erick menyebut pihaknya akan bertemu sejumlah investor untuk menawarkan kawasan Rebana. Dalam safari investasi ke sejumlah negara di Asia dan Eropa, beberapa perusahaan BUMN akan dilibatkan karena sudah memiliki partner internasional di berbagai negara, salah satunya PT Pertamina di Balongan Indramayu.

"Kebetulan kami perusahaan BUMN yang saat ini punya banyak partner internasional yang bisa bekerja sama, contohnya dengan Pertamina di Indramayu maupun baterai mobil listrik," ujar Erick.

Investasi dari perusahaan swasta termasuk luar negeri sangat penting dalam mempercepat pengembangan kawasan Rebana. Terlebih perusahaan BUMN tidak banyak berinvestasi di kawasan tersebut.

Baca Juga: Tingkatkan SDM di Daerah Rebana, Disdik Jabar Buka 12 Jurusan Baru SMK

Baca Juga: Segera Rilis, Desain Sneaker New Balance x Stone Island Kece Banget! 

Baca Juga: Pembangunan Akses Tol ke Bandara Kertajati Sudah 95 Persen

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya