Angkatan Muda Siliwangi Geram Arteria Dahlan Singgung Bahasa Sunda

Arteria Dahlan minta tak ada bahasa Sunda saat rapat kerja

Bandung, IDN Times - Pernyataan anggota DPR RI Arteria Dahlan yang meminta agar Kepala Kejaksaaan Tinggi (Kajati) tidak mengucapkan bahasa Sunda saat rapat dengar pendapat, mendapat tanggapan miring dari berbagai pihak. Salah satunya adalah Angkataan Muda Siliwangi (AMS) yang menilai perkataan Arteria menyinggung masyarakat Sunda.

Ketua Umum Angkatan Muda Siliwangi melayangkan surat terbuka terhadap prilaku Arteria. Dalam surat yang diterima IDN Times, AMS menyebut pernyataan Arteria menyinggung dan menghina bahasa Sunda yang selama ini digunakan mayoritas warga Jawa Barat.

"Padahal seorang Arteria Dahlan dibesarkan oleh Partai PDIP yang mengedepankan nilai persatuan dan menghargai perbedaan budaya dan bangsa," kata Ketua Umum AMS Noeri Ispandji, Selasa (18/1/2022).

1. Banyak pejabat daerah sudah lazim gunakan bahasa daerah

Angkatan Muda Siliwangi Geram Arteria Dahlan Singgung Bahasa SundaArifin Saddoen

Menurut Noeri, tidak pantas bagi seorang anggota dewan berkata demikian. Padahal, banyak pejabat Indonesia yang selalu menggunakan bahasa daerah dalam setiap komunikasi baik formal mau pun informal.

"Penggunaan bahasa daerah sebagai bagian dari proses menjaga identitas budaya bangsa Indonesia yang heterogen sebagai warisan yang harus dijaga," ujarnya.

Penyataan politikus PDIP itu sudah menyinggung rasa persaudaraan dan persatuan yang selama ini dijaga masyarakat Sunda.

"Jangan lupa di wilayah Jabar banyak para pejabat publik yang berasal di luar suku Sunda yang suka menggunakan bahasa daerahnya, tetapi oleh masyarakat Sunda selalu dihormati sebagai bentuk menghargai budaya masing-masing," tegasnya.

2. Minta Arteria Dahlan minta maaf

Angkatan Muda Siliwangi Geram Arteria Dahlan Singgung Bahasa SundaIDN Times/Teatrika Putri

AMS pun mendesak kepada Arteria Dahlan untuk meminta maaf kepada masyarakat Sunda atas ucapannya.

Noeri juga meminta kepada Ketua Umum PDIP untuk memberikan sanksi dan peringatan keras kepada kadernya yang sudah menyinggung harkat dan martabat masyarakat Sunda.

"Dengan pernyataan ini kami Angkatan Muda Siliwangi sebagai bagian dari masyarakat Sunda dan Jabar meminta kepada saudara Arteria Dahlan untuk meminta maaf kepada masyarakat Sunda atas ucapannya secara kesatria," jelasnya.

"Berikan contoh layaknya seorang politisi dan pejabat publik yang baik dan mengayomi masyarakat, bukan membuat gaduh dengan ucapan-ucapan yang membuat ketersinggungan masyarakat," tandasnya.

3. Arteria sempat minta Kajati yang berbahasa daerah dicopot dari jabatannya

Angkatan Muda Siliwangi Geram Arteria Dahlan Singgung Bahasa SundaAnggota Komisi III DPR Arteria Dahlan (Dok. KPK)

Sebelumnya, anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan mengkritik kajati yang menggunakan bahasa Sunda dalam sebuah rapat.

Hal itu disampaikan Arteria dalam rapat Komisi III DPR dengan Jaksa Agung di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/1). Dalam rapat, Arteria meminta Jaksa Agung mengambil tindakan tegas dengan memecat kajati tersebut.

Namun, Arteria tak menyebut kajati yang dimaksud. "Ada kritik sedikit, Pak JA (Jaksa Agung), ada Kajati pak, yang dalam rapat raker ngomong pakai bahasa Sunda, ganti pak itu," kata dia dihadapan Jaksa Agung.

Baca Juga: Fakta-Fakta Terkini Kasus Cekcok Arteria dengan Anggiat, Belum Selesai

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya