Anggota DPRD Jabar: Bantuan Uang ke Warga Terdampak Corona Belum Pas

Pemprov Jabar harus fokus untuk bantuan alat kesehatan dulu

Bandung, IDN Times - Komisi V DPRD Jawa Barat memberikan pernyataan terkait rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) yang akan memberikan bantuan uang tunai dan bahan pokok makanan kepada keluarga miskin baru akibat pandemi virus corona jenis baru (COVID-19).

Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat Asep Wahyuwijaya menuturkan, kebijakan ini belum pas dilakukan sekarang karena di Jabar sendiri peningkatan angka pasien positif corona dan mereka yang terdampak belum begitu banyak.

"Untuk lingkup Jabar sepertinya baru mau mulai, angka korban baik yang langsung maupun yang terdampak belum bisa diukur sekarang," ujar Asep dilansir Antara, Sabtu (28/3).

1. Angka masyarakat yang harus dibantu masih dinamis

Anggota DPRD Jabar: Bantuan Uang ke Warga Terdampak Corona Belum PasIlustrasi kemiskinan (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurutnya, berdasarkan data dari Universitas Padjajaran, ada satu juta warga Jawa Barat yang terdampak pandemi COVID-19. Tapi, ia menyangsikan data tersebut, karena menurutnya angka-angka terkait COVID-19 masih sangat dinamis.

"Saya khawatir kalau belum apa-apa sudah bagi-bagi uang dan sembako sementara wabahnya sendiri tidak kita antisipasi maksimal, korbannya malah akan semakin banyak yang berjatuhan," katanya.

2. Utamakan bantuan untuk alat kesehatan saja

Anggota DPRD Jabar: Bantuan Uang ke Warga Terdampak Corona Belum PasPerusahaan konveksi di Tulungagung donasikan APD, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPRD Jawa Barat itu menyarankan Pemprov agar memprioritaskan bantuan di bidang kesehatan. Karena menurutnya para tenaga medis di Jawa Barat perlu dipersenjatai dengan maksimal.

"Kita kan melihat bagaimana kondisi para dokter dan perawat di lapangan yang hanya pakai jas hujan," tuturnya.

Namun, jika Pemprov Jabar tetap ingin membagikan uang dan sembako, Asep berharap alat pelindung diri (APD) dan berbagai kebutuhan medis lainnya tetap dipenuhi meski secara paralel.

3. Pemprov Jabar rencananya berikan bantuan Rp500 ribu per KK yang terdampak COVID-19

Anggota DPRD Jabar: Bantuan Uang ke Warga Terdampak Corona Belum PasIDN Times/Debbie Sutrisno

Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana memberikan bantuan kepada masyarakat yang menjadi kategori warga miskin baru, akibat COVID-19. Bantuan diberikan berupa uang tunai dan bahan pokok makanan dengan total nilai Rp500 ribu per kepala keluarga.

Pemprov menyiapkan anggaran Rp5 triliun dengan perkiraan satu juta kepala keluarga yang terdampak COVID-19. Uang ini diambil dari peralihan anggaran sejumlah pekerjaan infrastruktur dan perjalanan dinas tahun ini.

Baca Juga: 40 Ton Bantuan Alat Kesehatan dari Investor Tiongkok Tiba di Indonesia

Baca Juga: Mencegah Virus Corona, Pertamina Kalimantan Beri Bantuan Rp250 Juta 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya