AMPI Jabar Dorong Airlangga-Ridwan Kamil Maju di Pilpres 2024

Pencarian calon untuk Pilpres masih dilakukan

Bandung, IDN Times - Partai Golkar hingga saat ini masih menjagokan Ketua Umum Airlangga Hartarto untuk maju dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Golkar sedang mencari calon wakil presiden yang dianggap paling cocok mendampingi Airlangga.

Satu nama yang digadang-gadang cocok dengan Airlangga adalah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Emil, sapaan akrabnya, memiliki pengalaman yang baik sebagai pemimpin daerah. Elektabilitasnya pun cukup baik dari sejumlah lembaga survei.

Keinginan menyandingkan keduanya terbaru muncul dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Jawa Barat (Jabar). Ketua AMPI Jabar Ahmad Hidayat mengatakan, dalam mengusung calon presiden dan wakilnya perlu perpaduan yang bagus antara kekuata, politik, hingga figur.

"Partai tegas dan bulat mencalonkan Pak Airlangga sebagai calon presiden. Dan perpaduan yang cocok salah satunya adalah Ridwan Kamil. Dia merupakan gubernur yang berpengalaman dan berdasarkan survei elektabilitasnya tinggi," kata Ahmad dalam konferensi pers jelas Munas AMPI, Jumat (4/3/2022).

1. Dukungan di daerah tidak akan pecah

AMPI Jabar Dorong Airlangga-Ridwan Kamil Maju di Pilpres 2024Ketua AMPI Jabar Ahmad Hidayat. IDN Times/Istimewa

Sebagai sayap kanan partai Golkar, Ahmad memastikan AMPI tidak akan pecah meski berada di daerah. Dukungan pada keputusan partai mutlak termasuk dalam memilih calon presiden 2024.

"Kita akan mengusulkan Airlangg. Tapi kan untuk pendampingnya kita bisa mengusulkan siapa saja yang dirasa cocok," ujar Ahmad.

Sejauh ini AMPI sudah melakukan komunikasi dengan Gubernur Jabar untuk berbicara terkait banyak hal. Rencananya AMPI akan makan bersama dengan Emil di Gedung Sate.

2. Dukungan penyelenggaraan Pilpres 2024 ikut arahan partai

AMPI Jabar Dorong Airlangga-Ridwan Kamil Maju di Pilpres 2024Konferensi pers jelang Munas AMPI di Kota Bandung. IDN Times/Istimewa

Musyawarah Nasional (Munas) AMSI sendiri akan digelar 6-9 Maret 2022. Pembukaan acara bakal dilaksanakan di Gedung Merdeka, Kota Bandung. Untuk kemudian perumusan berbagai hal diselenggarakan di salah satu hotel.

Ketua Penyelenggaran Munas AMPI, Ilham Kiemas mengatakan, Pilpres sudah pasti menjadi salah satu pembahasan yang akan disampaikan dalam munas tahun ini. Namun, untuk dukungan penyelenggaraan Pilpres 2024, AMPI belum bisa memastikannya.

"Kami masih melakukan konsolidasi. Tapi kita akan taat dengan partai saja. Kita (sampai sekarang) belum bisa bicara apa-apa," kata dia.

3. Ingin raup suara millennial dari Kota Bandung

AMPI Jabar Dorong Airlangga-Ridwan Kamil Maju di Pilpres 2024Dok. IDN Times

Iham menuturkan, penyelenggaraan Munas AMPI di Bandung pun karena banyaknya anak muda yang produktif di kota ini. Sebagai pusat ibu kota provinsi Jawa Barat, Bandung punya magnet kuat dalam peta perpolitikan.

"Apalagi AMPI ingin melakukan gerakan sosial kepemudaan untuk memenangkan partai Golkar pada 2024. Pengambilan tempat di Gedung Merdeka pun agar bisa melecut AMPI ke depannya," ungkap Ilham.

Dalam munas kali ini, AMPI sudah mengundang sejumlah tokoh politik nasional mulai dari Airlangga, Agus Gumiwang, Zainuddin Amali, dan para tokoh lainnya. Harapannya dari munas ini bisa tercetus pemikiran hebat untuk AMPI dan Indonesia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya