Aman Antar Pemudik, Puluhan Sopir Bus di Bandung Jalani Tes Urine

Pengetesan dilakukan di sejumlah terminal bus

Bandung, IDN Times - Menjelang hari raya idul fitri 1444 hijriah, Satnarkoba Polrestabes Bandung aktif melakukan tes urine puluhan sopir bus di sejumlah terminal Kota Bandung.

Kasat Narkoba Polrestabes Bandung, AKBP Fauzan Syahrir mengatakan, sejak H-7 pengetesan telah dilakukan di Terminal Leuwipanjang.

"Pertama kita di Leuwipanjang kerja sama dengan Dinas Perhubungan, kemudian hari ini di Cicaheum bekerja sama dengan dinas kesehatan juga," ujar Fauzan, di Terminal Cicaheum, Senin (17/4/2023).

2. Berikan ketenangan bagi para penumpang

Aman Antar Pemudik, Puluhan Sopir Bus di Bandung Jalani Tes Urineilustrasi darah dalam urine atau hematuria (everydayhealth.com)

Tes urine dilakukan secara acak kepada para sopir bus yang akan membawa penumpang musik lebaran. Jika memang didapati ada supir yang positif narkoba bakal diserahkan ke BNN Bandung.

"Hasilnya negatif semuanya, kalau ada yang positif akan kita tindak lanjuti, kita juga akan kerja sama dengan BNN untuk proses selanjutnya," katanya.

2. Berikan ketenangan bagi para penumpang

Aman Antar Pemudik, Puluhan Sopir Bus di Bandung Jalani Tes UrineWarga yang hendak mudik dari Terminal Cicaheum. IDN Times/Debbie Sutrisno

Kepala Terminal Cicaheum, Roni Hermanto menambahkan, tea urine untuk sopir bus di terminal Cicaheum baru dilakukan pada H-5 lebaran.

Ini yang dites itu para pengemudi yang akan menjalankan antarkota dalam provinsi maupun antar kota antar provinsi," ujar Roni.

Menurutnya, melalui tes urine seperti ini diharapkan para penumpang merasa tenang saat mudik menggunakan angkutan umum.

"Jadi, kita semaksimal mungkin memberikan pelayanan dan Alhamdulillah yang diperiksa sudah ada 15 orang dan semuanya negatif," katanya.

3. Masyarakat bisa manfaatkan program mudik gratis

Aman Antar Pemudik, Puluhan Sopir Bus di Bandung Jalani Tes UrineIDN Times/Debbie Sutrisno

Kemarin, Gubernur Ridwan Kamil melepas Program Mudik Gratis Pemda Provinsi Jawa Barat di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Minggu.

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur Ridwan Kamil memastikan perjalanan mudik tahun ini di wilayah Jawa Barat lebih lancar karena ada ratusan posko mudik untuk menjaga arus lalu lintas.

"Selamat mudik, didoakan selamat sampai tujuan. Kendaraan tolong dicek, kesehatan yang akan mudik tolong dicek. Insyaallah selamat sampai tujuan," kata Ridwan Kamil.

Setelah absen karena pandemi COVID-19, Pemda Provinsi Jabar kembali menggelar program mudik gratis bagi masyarakat. Lebih dari 12 ribu tiket gratis disediakan bagi masyarakat yang hendak mudik dengan tujuan Jateng dan Jatim.

"Saya sedang berada di Terminal Cicaheum melepas kurang lebih ada 12 ribu tiket bus dan kereta api untuk pemudik ke arah Jateng dan Jatim. Sehat-sehat. Silakan kembali lagi ke Jawa Barat dengan sehat walafiat," kata dia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya