Alat Kelengkapan DPRD Jabar Terbentuk, Ini Daftar Nama Wakil Rakyat

Pemprov Jabar berharap kerja sama kedua pihak makin solid

Bandung, IDN Times - Alat kelengkapan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat akhirnya terbentuk. Rapat paripurna pun dilakukan untuk mengumumkan siapa saja yang duduk di setiap komisi DPRD Jawa Barat.

Dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Jabar, Achmad Ru'yat, dia mengatakan seluruh fraksi di DPRD telah mengusulkan nama-nama yang tepat untuk duduk di kursi masing-masing komisi. Untuk jumlah komisi di DPRD Jabar, terdapat lima. Sedangkan untuk penentuan ketua komisi masing-masing, kami memberikan jeda waktu kepada anggota komisi untuk membahasnya (pemilihan ketua komisi) secara internal.

Hasil rapat kemudian memutuskan Bedi Budiman dari fraksi PDIP menjadi Ketua Komisi I yang membidangi pemerintahan. Rahmat Hidayat Djati dari fraksi PKB menjadi Ketua Komisi II bidang Perekonomian.

Selanjutnya, Cucu Sugyati dari fraksi Golkar ditunjuk menjadi Ketua Komisi III menangani bidang keuangan. Imam Budi Hartono dari fraksi PKS dipercaya memimpin Komisi IV bidang Pembangunan dan Komisi V bidang Kesejahteraan Rakyat dipimpin Dadang Kurniawan dari fraksi Gerindra.

Selain pimpinan komisi, DPRD Jabar juga menetapkan Hasbullah Rahmad dari fraksi PAN menjadi Ketua Badan Kehormatan dan Achdar Sudrajat dari Demokrat dipercaya Ketua Badan Pembuat Perda.

"Kami sudah menetapkan susuan AKD periode 2019-2024. Formasi ini sudah disepakati bersama termasuk Badan Anggaran (Banggar) dan Badan Musyawarah (Bamus) kata Ru'yat dalam rapat paripurna, Selasa (15/10).

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menyambut baik terbentuknya AKD DPRD Jabar. Hal itu dianggap bisa mempercepat pembahasan APBD 2020. Uu berharap kerja sama eksekutif dan legislatif ke depan terjalin dengan baik.

"Kita sambut baik pembentukan AKD apalagi pusat begitu ketat tanggal waktu pembahasan, kapan disampaikan DPRD dan diputuskan mengenai anggaran, sehingga takut berakibat sanksi," kata Uu.

Baca Juga: Polda Jabar Edukasi Warga Agar Tidak Demo Saat Pelantikan Presiden

Baca Juga: Wakili Jabar di Nasional, Begini Derita Tim Arung Jeram Asal KBB

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya