Aksi Bela Palestina Juga Dilakukan Warga Bandung di Depan Gedung Sate

Mari dukung Palestina dengan cara apapun

Bandung, IDN Times - Dukungan masyarakat Indonesia terhadap Palestina terus bergulir. Masyarakat Indonesia mengutuk tindakan kekejaman Israel terhadap bangsa Palestina.

Dukungan itu dilakukan dalam bentuk aksi damai yang dilakukan di berbagai daerah. Di Jakarta, ribuan warga berkumpul di Monumen Nasional (Monas) yang dihadiri sejumlah pejabat seperti Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Di Kota Bandung, aksi bela Palestina juga berlangsung di depan Gedung Sate. Sejumlah anak muda yang bergabung dalam Komunitas Youth Empathy Solidarity (YES) juga memberikan dukungan terhadap bangsa Palestina. 

"Kami perkumpulan anak muda yang peduli dengan Palestina. Kami lakukan aksi dan penggalangan dana untuk membantu saudara kita di sana," kata Hilmi saat melakukan aksi di depan Gedung Sate, Minggu (5/11/2023).

1. Perjuangan Palestina harus terus disuarakan

Aksi Bela Palestina Juga Dilakukan Warga Bandung di Depan Gedung SateDebbie Sutrisno/IDN Times

Hilmi menuturkan, apa yang terjadi di Gaza sudah bukan perang biasa. Sebab Israel menyerang hingga meluncurkan bom ke tempat warga sipil berlindung termasuk rumah sakit.

Penjajahan yang dilakukan terhadap warga Palestina sudah sangat memprihatinkan. Maka publik harus terus bersuara khususnya warga Indonesia di mana negara ini menjadi salah satu negara dengan umat muslim terbanyak di dunia,

"Di sana itu masih terjadi sesuatu yang tidak manusiawi sehingga kalau publik tercerahkan, suara se-Indonesia atau dunia harus bisa memberikan dukungan ke warga Palestina," paparnya.

2. Boikot produk yang alirkan dana ke Israel jadi pilihan

Aksi Bela Palestina Juga Dilakukan Warga Bandung di Depan Gedung SateDebbie Sutrisno/IDN Times

YES pun mengajak masyarakat untuk bisa memboikot produk yang hasil penjualannya sebagian dialirkan ke Israel. Pemboikotan ini sebagai langkah pasti agar uang membeli senjata negara tersebut semakin terkuras.

Selama ini banyak bantuan dari berbagai negara coba dikirimkan ke Gaza tapi sulit masuk karena berbagai faktor. Namun, dengan pemboikotan barang diharap perusahaan yang memberikan dananya ke Israel bisa mengalami kerugian baik secara langsung maupun tidak langsung.

"Kemarin sudah ada berita kalau saham perusahaan yang mendukung Israel turun. Kalau sampai tidak mencabut aluran dana ke sana kita akan boikot terus," kata dia.

3. Aksi bakal terus digelar

Aksi Bela Palestina Juga Dilakukan Warga Bandung di Depan Gedung SateDebbie Sutrisno/IDN Times

Hilmi pun memastikan bahwa YES bersama relawan lainnya akan terus melakukan aksi dan menggalang dana untuk warga Palestina. Kegiatan ini dilakukan dengan cara berpindah-pindah tempat seperti di Masjid Al-Jabbar atau kawasan Car Free Day (CFD).

Harapannya makin banyak warga Bandung peduli dengan saudara yang ada di Palestina dan mau membantu mereka dalam bentuk apapun.

Baca Juga: Linimasa: Aksi Akbar Rakyat Indonesia Bela Palestina

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya