Ajukan Banding, Persib Ingin Laga Lawan Persija Dihadiri Bobotoh

PSSI telah memberikan sanksi tanpa penonton

Bandung, IDN Times - Manajemen Persib Bandung telah mengajukan banding terkait sanksi yang diberikan PSSI jelang pertandingan melawan Persija Jakarta, Sabtu (9/3/2024). Saksi diberikan usai Bobotoh terlibat kericuhan dengan suporter PSIS dalam laga kandang pekan lalu.

Vice President Operational PT PERSIB Bandung Bermartabat, Andang Ruhiat menuturkan, manajemen Maung Bandung memutuskan banding atas putusan Komite Disiplin (Komdis) PSSI yang menjatuhkan sanksi larangan menyelenggarakan satu pertandingan kandang dengan penonton atas terjadinya kerusuhan dan penganiayaan di luar perimeter stadion yang dilakukan oleh suporter pasca pertandingan melawan PSIS Semarang di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung,.

Sanksi larangan satu pertandingan kandang dengan penonton itu ditetapkan melalui Keputusan Komite Disiplin PSSI No. 191/L1/SK/KD-PSSl/III/2024 terkait Tanggung Jawab Terhadap Tingkah Laku Buruk Penonton tertanggal 1 Maret 2024.

Dalam salinan putusannya, Komite Disiplin PSSI yang merujuk kepada Pasal 70 Ayat 1, Ayat 4 dan Lampiran 1 Nomor 5 Kode Disiplin PSSI Tahun 2023, menyebutkan, sanksi untuk PERSIB berlaku pada pertandingan terdekat.

"Memperhatikan jadwal pertandingan yang sudah dirilis, berarti sanksi Komite Disiplin PSSI itu berlaku pada saat PERSIB menjamu Persija Jakarta pada pekan ke-28 kompetisi Liga 1 musim 2023/2024," kata Andang melalui siaran pers dikutip, Selasa (5/3/2024).

1. Persiapan tempat menjamu Persija masih disiapkan

Ajukan Banding, Persib Ingin Laga Lawan Persija Dihadiri BobotohPersib.co.id

Menurut Andang, nota banding diajukan karena PERSIB merasa keberatan dengan sanksi yang dijatuhkan Komite Disiplin PSSI. Persib telah mengirimkan surat pengajuan ke Komite Banding PSSI. Kita berharap, Komite Banding bisa mengabulkan permohonan untuk membatalkan sanksi Komite Disiplin PSSI. Nota banding yang dikirimkan PERSIB ke Komite Banding PSSI tersebut bernomor 05/DIR-PBB/III/2024.

Andang menjelaskan, sambil menunggu proses dan keputusan dari Komite Banding tersebut, Persib terus melakukan koordinasi intensif dengan berbagai pihak.

"Terutama yang terkait persiapan pertandingan kandang melawan Persija agar berjalan aman, nyaman dan lancar," kata dia.

2. Pelatih Persib ingin laga ini bisa dihadiri penonton

Ajukan Banding, Persib Ingin Laga Lawan Persija Dihadiri BobotohPersib.co.id

Pelatih Persib Bandung Bojan Hondak mengatakan, pertandingan ini sangat dinanti para pemain. Mereka punya semangat lebih ketika harus melawan Macam Kemayoran baik kandang maupun tandang.

Bojan pun sangat berharap pertandingan ini bisa disaksikan oleh penonton agar memberikan semangat lebih pada seluruh pemain.

"Saya hanya berharap bahwa kami bisa bermain dengan didukung suporter," kata Bojan usai laga melawan Rans Nusantara, Minggu (3/3/2024).

3. Persib optimistis bisa meraih kemenangan

Ajukan Banding, Persib Ingin Laga Lawan Persija Dihadiri BobotohPersib.co.id

Menurut Bojan, hasil kemenangan dalam dua laga melawan PSIS Semarang dan Rans Nusantara memberikan lecutan semangata kepada para pemain. Terlebih dalam dua laga terakhir Persib mampu menang tanpa kebobolan satu gol pun.

"Penting juga kami tidak kemasukan gol dan mencatatkan clean sheet. Tentu ini makin menumbuhkan kepercayaan diri mereka untuk pertandingan melawan Persija," kata Bojan.

Baca Juga: Rivalitas Mengakar di Balik Laga Panas Persija Kontra Persib

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya