Air Asia Buka Penerbangan Kuala Lumpur ke Bandara Kertajati 

Penerbangan pertama akan dimulai pada 17 Mei 2023

Bandung, IDN Times - Perusahaan maskapai Air Asia akan menjadi yang pertama membuka rute penerbangan dari Kuala Lumpur, Malaysia, ke Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

CEO AirAsia Malaysia Riad Asmat mengatakan, pembukaan rute tersebut karena Bandara Kertajati menawarkan satu-satunya konektivitas internasional dari Kertajati, maskapai ini akan membawa wilayah metropolitan Bandung Raya dan Cirebon, serta sebagian provinsi Jawa Barat dan JawaTengah. Ruten ini pun diprediksi mendorong perekonomian dan pertumbuhan pariwisata yang berdampak baik bagi kedua negara tersebut.

"Penerbangan pertama akan dimulai pada 17 Mei 2023.
Dua penerbangan mingguan akan mendarat dan berangkat dari Bandara Internasional Kertajati," kata dia melalui siaran pers dikutip IDN Times, Selasa (11/4/2023).

1. Hubungkan daerah tujuan masyarakat yang selama ini kurang terfasilitasi

Air Asia Buka Penerbangan Kuala Lumpur ke Bandara Kertajati IDN Times/Debbie Sutrisno

Sebagai rute ke-12 AirAsia Malaysia di Indonesia, Kertajati memperkuat komitmen berkelanjutan maskapai tersebut terhadap Indonesia sebagai pasar inti dan memperkuat misinya untukmendemokratisasi perjalanan udara dengan menghubungkan kota-kota yang kurang terlayani di kawasan tersebut.

“Kami sangat senang menjadi maskapai pertama yang menghubungkan Kuala Lumpur ke Kertajati mulai bulan depan. Rute ini tidak hanya akan meningkatkan pariwisata dan perekonomian di daerah masing-masing, tetapi juga mempererat hubungan kedua negara," ujarnya.

Sebagai grup maskapai penerbangan dengan konektivitas luas di ASEAN dan Asia Pasifik, bersama dengan afiliasi perusahaan, Indonesia AirAsia (QZ), Air Asia akan terus menghubungkan para pelancong secara langsung ke berbagai kota unik dan kurang terlayani di Indonesia dan Malaysia serta ke destinasi utama.

“Sama seperti kami yang menjadi pelopor konektivitas Bandung tahun 2004, kami sangat bersemangat untuk membawa lebih banyak penumpang ke Jawa Barat untuk merasakan kekayaan budaya dan keajaiban alam dari wilayah yang luar biasa ini: ujar dia.

2. Berikan promo tiket penerbangan

Air Asia Buka Penerbangan Kuala Lumpur ke Bandara Kertajati www.airasia.com

Untuk merayakan peluncuran rute baru, AirAsia menawarkan tarif all-in mulai dari 149 ringgit malaysia atau Rp500ribu sekali jalan. Pembelian tiket bisa dimulai pada 16 April 2023 untuk periode perjalanan antara 17 Mei dan 23 Oktober 2023 di airasia Super App atau airasia.com.

Dari Kertajati, para tamu dapat menemukan yang terbaik dari Majalengka termasuk air terjun Muara Jaya yang megah, pemandangan yang menakjubkan di Terasering Panyaweuyan, danau biru di Situ Cipanten, kebun teh lereng bukit di Perkebunan Teh Cipasung dan lainnya, atau perjalanan ke kota dataran tinggi Bandung.

Para penumpang juga berkomunikasi dengan wisatawan lain yang sama-sama bertujuan ke Kertajati melalui fitur komunitas airasia Super App di bawah ikon "Chat".

3. Berikut jadwal penerbangan Kuala Lumpur Kertajati

Air Asia Buka Penerbangan Kuala Lumpur ke Bandara Kertajati Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB). (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Penerbangan dari Kuala Lumpur - Kertajati dengan nomor penerbangan AK418 akan berangkat pukul 9:05 WIB dan sampai pada 10:20. Penerbangan ini dilakukan pada hari Rabu dan Minggu.

Sementara penerbangan dari Kertajati - Kuala Lumpur dilakukan pada hari yang sama, tapi pada berbeda jam yaitu pukul 10:50 WIB dan 14:05 WIB.

Baca Juga: Bandara Kertajati Segera Beroperasi  Penuh, Begini Kesiapannya

Baca Juga: Menhub: 7-8 Ribu Jemaah Haji Siap Berangkat dari Kertajati

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya