Ada Spanduk Penolakan Bangun Gereja di Bandung, Ketua RT: Tak Berizin

Kasus ini sudah masuk ke ranah kelurahan

Bandung, IDN Times - Foto dua spanduk penolakan pembangunan gereja di Kota Bandung ramai di media sosial. Unggahan tersebut disampaikan akun @permadiaktivis2 pagi ini, Selasa (12/3/2024).

Dalam narasinya, akun tersebut menyinggung Bulan Suci Ramadan yang bukannya memperbanyak ibadah, justru di bulan Ramadan ini menolak pembangunan gereja.

"Sok-sok bela Palestina, tapi di negeri sendiri jadi zionis," ungkap Permadi dalam unggahannya dikutip, Selasa (12/3/2024).

Dia pun meminta agar spanduk bernada intoleran tersebut ditertibkan. Bahkan Permadi hingga menautkan akun kepolisian seperti Polsek Bojongloa Kidul dan Polrestabes Bandung.

1. Penolakan bukan dari warga muslim

Ada Spanduk Penolakan Bangun Gereja di Bandung, Ketua RT: Tak BerizinIDN Times/Istimewa

Sementara itu, Ketua RT 01 RW 05, Kelurahan Mekar Wangi, Kota Bandung, Agus mengatakan bahwa aksi penolakan tersebut sudah lama terjadi. Dia pun membernakan sempat ada spanduk berisi penolakan, tapi sudah lama diturunkan.

Dia menyebut bahwa penolakan pun tidak dilakukan warga muslim, tetapi oleh tetangga sesama non muslim, yang merasa terganggu dengan rencana pembangunan rumah ibadah di dalam rumah.

"Si pihak pembangun dari awal bilang tidak akan bangun gereja, tapi hanya renovasi rumah, Tapi pas udah ada itu ternyata jadi gereja karena ada altar dan peralatan ibadah," kata Agus ditemui wartawan di rumahnya.

2. Tidak pernah memperlihatkan izin untuk mendirikan rumah ibadah

Ada Spanduk Penolakan Bangun Gereja di Bandung, Ketua RT: Tak Berizinilustrasi gereja katolik. (unsplash.com/June O)

Dia mengatakan, selama ini pemilik rumah maupun pihak yang membangun tidak pernah meminta izin untuk mendirikan bangunan gereja yang berada di kawasan komplek Mekar Wangi. Izin yang disampaikannya adalah merenovasi rumah.

Sehingga pihak RT pun tidak bisa menolak jika memang izin yang disampaikan adalah memperbesar area rumah. Namun, di perjalanan ternyata perluasan bangunan ternyata akan dipakai untuk rumah ibadah.

"Kami selaku RT hanya memidasi saja. Karena yang menolak juga tetangga di sekitarnya, bukan dari warga luar," kata Agus.

3. Kasus ini sudah disampaikan ke kelurahan

Ada Spanduk Penolakan Bangun Gereja di Bandung, Ketua RT: Tak BerizinDALL-E

Menurutnya, kasus ini tidaklah baru. Bahkan sejak ada penolakan dari tetangga sekitar persoalan tersebut sudah disampaikan ke pihak kelurahan.

Saat ini rumah yang dibangun sudah selesai, tapi belum pernah digunakan untuk ibadah karena memang tidak mendapat izin dari tetangga sekitar.

"Mereka ga mau kalau aksesnya juga jadi kecil pas ada orang ibadah karena pasti bawa kendaraan. Kecuali kalau bangunnya di ruko depan itu kan sudah biasa aksesnya juga luas," ungkap Agus.

Baca Juga: Masjid dan Gereja di Burkina Faso Diserang pada Hari yang Sama

Baca Juga: 9 Potret Gereja Orthodox Pertama di Indonesia, Ternyata Ada di Solo

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya