Ada KTT OKI di Bandung, Petugas Mulai Persiapkan Rekayasa Lalu Lintas

Penyelenggaraan acara dimulai besok hingga Rabu

Bandung, IDN Times - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerja sama Islam (OKI) akan digelar di Kota Bandung mulai Senin (24/10/2022) hingga Rabu (26/10/2022). Polrestabes Bandung akan melalukan rekayasa lalu lintas di sejumlah jalan.

Polrestabes Bandung mengimbau masyarakat menghindari Jalan Majapahit- Dipenogoro dari arah Cilamaya ke Fly over M Kusumaatmaja, dan dianjurkan melewati, Jalan Dipenogoro-Jalan Sentot Alibasah- Jalan Trunojoyo- Jalan Sulanjana dan Jalan Dago Cikapayang.

Masyarakat yang hendak ke Pasteur dengan melalui Jalan Supratman diperkanan melalui Jalan Diponegoro -Jalan Sentot Alibasah- Fly Over M. Kusumaatmaja-Jalan Dago Sulanjana.

Pengalihan arus pun dilakukan di Simpang Banceuy-ABC, dari arah Pos dan Giro serta arah Pasar Baru ABC, diarahkan untuk melalui Jalan Banceuy-Jalan Suniaraja. Kendaraan yang dari arah Simpang Braga-Naripan dialihkan ke Jalan Braga Panjang, dikarenakan Jalan Braga Pendek ditutup total.

Terakhir ada pengalihan arus di Jalan Daleum Kaum- Alun alun Timur. Yang mana pengendara yang dari arah Daleum Kaum ke Simpang lima atau Jalan Sunda, jika Jalan simpang Lengkong Besar- Jalan Lengkong Kecil padat, pengendara akan dialihkan ke Alun alun Timur, jalan Asia Afrika, Jalan Banceuy, Jalan ABC, Jalan Naripan, Jalan Sunda, Jalan Simpang Sunda Veteran, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Simpang Lima.

1. Ada tiga tempat yang jadi titik kumpul utama

Ada KTT OKI di Bandung, Petugas Mulai Persiapkan Rekayasa Lalu Lintasdestinasibandung.co.id

Kasat Lantas AKBP Ariek Indra Santanu menuturkan, ada tiga titik yang jadi pusat rencana pengamanan dan pengalihan arus yaitu sekitaran Hotel Pullman Jalan Diponegoro, Gedung Asia Afrika dan Hotel Savoy Homan.

"Seluruh perwakilan Delegasi akan menginap di Hotel Pullman. Untuk acara sendiri akan digelar di Gedung Asia Afrika, dan sebelum acara digelar para delegasi akan transit di Hotel Savoy Homman," jelas Ariek, Jumat (21/10/2022).

Ariek memohon maaf kepada masyarakat dengan adanya pengalihan arus tersebut sehingga dapat menggangu perjalanan. Hal tersebut dilakukan dikarenakan adanya kegiatan OKI.

2. Perwakilan 50 negara bakal hadir dalam acara ini

Ada KTT OKI di Bandung, Petugas Mulai Persiapkan Rekayasa Lalu LintasWikimedia Commons

Sekitar 50 negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) akan berkumpul di Bandung. Mereka akan menghadiri Konferensi International Ketua Majelis Permusyawaratan Dewan Syuro di Gedung Merdeka, Kota Bandung, 24 - 26 Oktober 2022.

Sekretaris Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Ma’ruf Cahyono mengatakan, tidak hanya dihadiri oleh negara anggota OKI, Presiden Joko "Jokowi" Widodo juga akan membuka kegiatan ini.

"Sekitar 50 Negara rencananya akan menghadiri Konferensi Internasional ini. Presiden Jokowi juga akan membuka kegiatan di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika Kota Bandung ini," ujar Ma’ruf dalam acara Jabar Punya Informasi (Japri), Jumat (23/10/2022).

3. Bandung dipilih karena lekat dengan sejarah

Ada KTT OKI di Bandung, Petugas Mulai Persiapkan Rekayasa Lalu LintasIlustrasi Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Selain itu, Ma'ruf mengungkap alasan memilih Kota Bandung sebagai tempat Konferensi International Ketua Majelis Permusyawaratan Dewan Syuro OKI. Ia menjelaskan, Bandung memiliki nilai historis bagi kerjasama antarnegara.

"Di Bandung tahun 1955, ada Konferensi Asia Afrika. Kita ingin sejarah itu paling tidak secara historis bisa menjadi spirit bahwa persatuan, kerja sama negara-negara itu juga tentu juga ada pijakan sejarah," ungkapnya.

Baca Juga: Polda Jabar Siapkan 3.000 Personel Amankan KTT OKI di Kota Bandung 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya