Ada 11 Titik Macet di Kota Bandung Ketika Masa Mudik dan Libur Lebaran

Semoga Lebaran tahun ini berjalan kondusif

Bandung, IDN Times - Polrestabes Bandung melakukan pertemuan dengan sejumlah pemangku kebijakan untuk melakukan mitigasi kerawanan jelang arus mudik dan libur Lebaran. Salah satunya adalah kemacetanan yang mungkin terjadi ketika arus mudik dan libur Lebaran.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengatakan, kota ini memang bukan lintasan yang dilalui pemudik. Namun, Bandung selalu jadi tempat liburan baik dari wisatawan lokal maupun luar daerah.

Dengan banyaknya tempat liburan dan berbelanja sedikitnya ada 11 titik macet di antaranya jalur menuju Lembang, Jalan Djundjunan, Pasikali, Soekarno-Hatta, Asia Afrika, Cibiru, hingga Ir H Djuanda. Untuk kawasan wisata ada di Karang Setra, Kebun Binatang, Trans Studio Bandung, Taman Lalu Lintas, hingga Kiara Arta Park.

"Kita siapkan antisipasi dengan menyiapkan anggota untuk pelayanan agar tidak ada kemacetan yang signifikan," kata Budi, Senin (1/4/2024).

1. Siapkan 1.218 personel gabungan

Ada 11 Titik Macet di Kota Bandung Ketika Masa Mudik dan Libur LebaranIDN Times/Debbie Sutrisno

Seiring dengan Operasi Lodaya yang diselenggarakan pemerintah, Polrestabes pun menyiapkan anggota yang berjaga di mana total gabungan mencapai 1.218 dengan rincian 826 Polrestabes Bandung, 110 dari Polda Jabar, 180 dari TNI dan 102 personel dari dinas lainnya.

"Nanti kita akan membuat 32 pos yang terdiri dari satu posko utama, satu posko terpadu, enam pos pelayanan dan 24 pospam," kata dia.

2. Imbau warga waspada keamanan rumah ketika mudik dan berlibur

Ada 11 Titik Macet di Kota Bandung Ketika Masa Mudik dan Libur Lebaranilustrasi kemacetan saat mudik (unsplash.com/Kathy)

Di sisi lain, Budi pun meminta masyarakat bisa lebih mengantisipasi rumah dan kendaraannya ketika ditinggal mudik atau berlibur di masa Lebaran. Dia pun mempersilakan masyarakat yang ingin menitipkan kendaraan bisa langsung ke kantor kepolisian terdekat.

Namun, jumlah kendaraan yang bisa disimpan harus memastikan luas masing-masing kantor kepolisian sehingga bisa berbeda-beda.

"Bagi warga yang melaksanakan mudik bisa menitipkan kendaraannya khusus roda empat ya, di kantor polisi terdekat, tapi nanti tempat terbatas. Maksimalnya berapa ya nanti kita sebar, nanti kami akan sebar ke seluruh Bhabinkamtibmas," kata dia.

3. Wali Kota Bandung harap waktu Lebaran bisa aman dan kondusif

Ada 11 Titik Macet di Kota Bandung Ketika Masa Mudik dan Libur Lebaranilustrasi hari lebaran (pexels.com/RDNE Stock project)

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, juga mengharapkan jajaran kepolisian, TNI, dan instansi terkait di Pemkot Bandung dapat saling bahu membahu menjaga situasi Kamtibmas saat lebaran.

"Jadi ini salah satu manifestasi bahwa sinergi semua jajaran forkopimda ini menjadi kekuatan untuk kita bisa mengantisipasi libur Idul Fitri ini betul-betul berjalan lancar dan kondusif sebagaimana mestinya," ujar dia.

Baca Juga: Takut Terjebak Macet, 5 Aplikasi untuk Mempermudah Perjalanan Mudik

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya