84 Orang Positif COVID-19 Saat Belajar Tatap Muka di Bandung

Ada 16 sekolah yang angka positifnya di atas 5 persen

Bandung, IDN Times - Jumlah siswa dan guru di Kota Bandung yang dipastikan positif terpapar virus corona (COVID-19) kembali bertambah. Data per 22 Oktober 2021, angkanya menjadi 84 orang di mana sebelumnya ada 77 orang.

"Ada 84 orang ini terdiri dari 75 siswa dan 9 guru," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani saat dihubungi, Minggu (24/10/2021).

1. Ada 16 sekolah yang angka positifnya di atas 5 persen

84 Orang Positif COVID-19 Saat Belajar Tatap Muka di BandungIlustrasi pelaksanaan uji coba PTM terbatas. IDN Times/Debbie Sutrisno

Menurut Ahyani, data ini masih memungkinkan bertambah karena 84 orang positif baru didapat dari 2.511 sampel. Sedangkan data yang masuk ke dinas kesehatan mencapai 3.459 sampel.

Sementara jumlah sekolah yang sudah mengikuti pengetesan acak mencapai 115 dari rencana awal 212. Dengan pengetesan ini, Disdik nantinya akan menutup sekolah yang angka keterpaparannya dalam satu sekolah di atas 5 persen.

"Untuk jumlah sekolah dengan positif di atas 5 persen sekarang sudah ada 16," ujar Ahyani.

2. Pengetesan acak akan dimasifkan di Jabar

84 Orang Positif COVID-19 Saat Belajar Tatap Muka di BandungTes acak siswa yang ikuti PTMT di Kota Bandung. IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta tes swab PCR secara acak untuk siswa dan guru yang mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas bisa dimasifkan. Hal ini dilakukan karena ada puluhan orang yang berada di sekolah ikut PTM ternyata positif COVID-19.

"Saya dorong mungkin tes rutin (PCR COVID-19) di sekolah. Jadi saya akan arahkan setelah ini banyak dilakukan tes di sekolah," ujar Emil.

3. Tes masif Dilakukan mulai pekan depan

84 Orang Positif COVID-19 Saat Belajar Tatap Muka di Bandungemc.id

Selama ini rapat koordinasi di Jawa Barat dilakukan setiap awal pekan. Dengan adanya penemuan kasus ini, maka dalam rapat terdekat, Emil akan meminta setiap pemerintah kabupaten/kota bisa melakukan tes acak PCR COVID-19 di sekolah.

Selama ini pengetesan acak masih sering dilakukan. Namun, bisa jadi pengetesan ini tidak dijalankan di sekolah tapi di tempat lain seperti kawasan wisata.

"Jadi isu minggu ini ke depan kita akan perbanyak random sampling (sampel tes PCR) di sekolah," ujarnya.

Baca Juga: Muncul Kasus COVID-19, 14 Sekolah di Bandung Hentikan PTM

Baca Juga: Siswa-Guru Positif COVID, 11 Sekolah di Bandung Hentikan PTM 

Baca Juga: Muncul Kasus Positif COVID-19, Disdik Kota Bandung Hentikan PTM di 12 Sekolah

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya