800 Warga Bandung Ikut Mudik Gratis Bersama Biofarma

Warga diharap bisa nyaman selama pulang ke kampung halaman

Bandung, IDN Times - Sebanyak 800 orang ikut kegiatan mudik gratis yang diselenggarakan Biofarma. Ratusan warga yang tinggal di Kota Bandung dan sekitarnya ini akan berangkat dengan tujuan akhir ke Yogyakarta dan Wonogiri.

Direktur Human Capital Bio Farma, Endang Suraningsih mengatakan, mudik gratis ini merupakan realisasi dari program tanggung jawab sosial lingkungan yang didedikasikan kepada masyarakat. Dengan pemberangkatan ini total Biofarma sudah mengikutsertakan 1.230 masyarakat untuk pulang ke kampung halaman secara cuma-cuma.

"Harapannya pemudik bisa aman dan nyaman sampai kampung halaman untuk bersilaturahmi dan berlebaran dengan keluarga," kata dia dalam pelepasan mudik gratis, Rabu (19/4/2023).

1. Hanya memberangkatkan tidak membawa pulang

800 Warga Bandung Ikut Mudik Gratis Bersama BiofarmaIDN Times/Debbie Sutrisno

Selaiknya program mudik gratis, Biofarma pun hanya memberangkatkan saja masyarakat yang ingin pulang kampung. Sementara untuk kembali ke Kota Bandung mereka akan berjalan masing-masing.

Ini dilakukan karena pemudik memiliki waktu yang berbeda saat akan balik ke Bandung. Sehingga cukup sulit untuk memastikan waktu yang bersamaan ketika mereka hendak kembali.

"Karena tidak mudah kalau harus pulang bersamaan. Jadi sekarang hanya untuk mudik bareng saja. Yang ikut mereka sudah daftar setelah informasi di media dan laman perusahaan dibuka," ujarnya Endang.

2. Plh Wali Kota Bandung harap perjalanan pemudik menyenangkan

800 Warga Bandung Ikut Mudik Gratis Bersama BiofarmaIlustrasi jalan tol (IDN Times/Aris Darussalam)

Sementara itu, Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Bandung, Ema Sumarna menyambut baik program mudik gratis. Bantuan dari pemerintah ini memberikan dampak baik karena masyarakat bisa pulang dengan mudah dan tidak dipungut biaya.

Di sisi lain, kendaraan yang dipakai pun mempunyai fasilitas baik sehingga diharap tidak ada hal buruk selama di perjalanan.

"Hari ini 15 bus yang berangkat. Kita sudah ingatkan agar supir tetap fit, jangan mengantuk di jalan," kata Ema.

3. Sebanyak 12 ribu orang ikut mudik gratis dari Pemprov Jabar

800 Warga Bandung Ikut Mudik Gratis Bersama BiofarmaPemudik Jatim yang bersiap ikut mudik gratis dari Jakarta. Dok. Humas Pemprov Jatim.

Sebanyak 12 ribu tiket mudik gratis disediakan oleh Pemerintah Jawa Barat bagi masyarakat yang hendak mudik dengan tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Rinciannya mudik gratis sebanyak 6.501 tiket gratis menggunakan bus dan 5.954 tiket gratis menggunakan kereta api.Menurut Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Achmad Koswara, mudik gratis akan diluncurkan 16 April di Terminal Cicaheum Bandung bagi pemudik dengan bus dan pemudik dengan kereta api dilepas di Stasiun Bandung.

"Tujuan utamanya untuk mengurangi kemacetan akibat penggunaan roda dua. Ini ada kurang lebih 12 ribu tiket yang akan digunakan secara online (daring) disampaikan ke masyarakat. Dan ada mudik gratis dengan menggunakan kereta api komuter dari Purwakarta - Garut. Itu jadwalnya dua hari dan bisa digunakan masyarakat secara langsung," ujar Koswara.

Baca Juga: Fasilitasi Warga Jabar Mudik, Pemprov Jabar Gelar Program Mudik Gratis

Baca Juga: Info Rekayasa Lalin Mudik, Apa Itu Contra Flow, One Way, Ganjil-genap?

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya