785 Sekolah Negeri di Jabar Siap Tatap Muka Januari 2021

Semoga tidak ada klaster baru di sektor pendidikan

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah mempersiapkan berbagai fasilitas di sekolah untuk menggelar tatap muka kembali. Rencananya sekolah tatap muka akan mulai dijalankan pada pertengahan Januari 2021.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan, setidaknya sudah ada 785 sekolah negeri dari total sekitar 800.

"Ini yang sudah siap melaksanakan pembelajaran tatap muka," ujar Emil dalam konferensi pers, Senin (28/12/2020). Sayangnya Emil belum bisa merinci di daerah mana saja sekolah tatap muka tersebut bakal dimulai untuk tahap pertama.

1. Simulasi sudah sering dilakukan

785 Sekolah Negeri di Jabar Siap Tatap Muka Januari 2021Dok.Humas Jabar

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar Dedi Supandi, mengatakan untuk menyongsong pembukaan sekolah pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan dan juga simulasi. Persiapan itu berkaitan dengan terjaminnya kesehatan dan keselamatan peserta didik, tenaga pendidik maupun pendidik itu sendiri.

Pihak sekolah nantinya bisa menggelar kegiatan pembelajaran tatap muka setelah mendapatkan izin. Adapun izin tersebut berjenjang mulai dari level sekolah, pemda, kanwil, kemenag, termasuk kecamatan.

"Sehingga pemberian konsep izin dapat dilakukan satu wilayah kabupaten. Jadi mungkin saja pembelajaran tatap muka bisa berlangsung dalam satu wilayah kabupaten tapi mungkin saja hanya berlaku di beberapa kecamatan atau mungkin di kabupaten/kota itu hanya berlaku di sekolah kejuruan saja," ujar dia.

2. Pemberian izin tergantung tingkat risiko zonasi COVID-19

785 Sekolah Negeri di Jabar Siap Tatap Muka Januari 2021Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Berkaitan dengan izin tersebut nanti, lanjut Dedi, pihaknya akan memberikan rekomendasi pemerintah kabupaten/kota setempat melalui satuan tugas (satgas) di wilayah masing-masing. Selain itu, pemberian izin juga akan dilihat dari tingkat risiko zonasi (level kewaspadaan).

"Kami sudah membuat petunjuk teknis pelaksanaan dan SOP ke cabang dinas, intinya Disdik Jabar untuk Januari 2021 kami siap menggelar tatap muka," ucapnya.

Baca Juga: Sekolah Tatap Muka 2021, IDAI: Berisiko Tinggi Picu Lonjakan COVID-19

3. FAGI kritisi keinginan pembukaan sekolah tatap muka

785 Sekolah Negeri di Jabar Siap Tatap Muka Januari 2021Ilustrasi aktivitas di sekolah. IDN Times/Feny Maulia Agustin

Sementara itu, Forum Aksi Guru Indonesai (FAGI) meminta pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) untuk tidak membuka sekolah tatap muka pada Januari 2021. Musababnya, bulan depan penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19) belum tentu sudah reda.

Ketua FAGI Iwan Hermawan mengatakan, pada Januari 2021 angka penularan bisa kembali meningkat ketika sekolah dibuka secara tatap muka. Sebab, saat ini saja angka kasus baru pertambahannya masih tinggi.

Pembukaan sekolah tatap muka ini justru riskan karena bisa menimbulkan klaster sekolah, yang kemudian berdampak pada adanya klaster keluarg.

"Para peserta didik yang berusia remaja dan anak-anak dianggap rentan tertular COVID-19 apabila PTM digelar. Bisa terjadi resiko penularannya saat ruang belajar saat diramaikan peserta didik. Kesehatan mereka lebih penting dibanding urgensi menjalani kegiatan belajar mengajar di sekolah," ujar Iwan melalui siaran pers yang dikutip, Senin (21/12/2020).

Baca Juga: FAGI Minta Pemprov Jabar Tak Buka Sekolah Tatap Muka Januari 2021

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya