700 Bus Jalani Rampcheck di Terminal Cicaheum Demi Keamanan Penumpang 

Bus harus laik jalan agar pemudik selamat sampai tujuan

Bandung, IDN Times - Dinas Perhubungan Kota Bandung melakukan pemeriksaan kelaikan (rampcheck) kendaraan bus yang hendak mengantarkan penumpang mudik ke kampung halaman. Pengecekan ini penting agar bus dalam kondisi aman dan nyaman sehingga bisa membawa pulang masyarakat dalam keadaan selamat.

Penjabat Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan, setidaknya ada 700 bus yang dicek dengan tujuan ke arah timur Pulau Jawa.

"Mulai hari ini sampai tanggal 14 April kami lakukan rampcheck. Jadi kelaikan angkutan bus dan juga kelaikan operasional, surat-suratnya itu kita lakukan uji. Ini masif di semua terminal, termasuk Cicaheum dan Leuwilpanjang," kata Bambang ditemui di Terminal Cicaheum, Rabu (3/4/2024).

1. Belum ada laporan bus yang langgar aturan

700 Bus Jalani Rampcheck di Terminal Cicaheum Demi Keamanan Penumpang IDN Times/Debbie Sutrisno

Dari pemeriksaan sementara belum ada laporan bus yang melanggar aturan keselamatan. Jika memang ada bus yang melanggar sudah dipastikan akan dicegat agar tidak memberangkatkan penumpang.

Selain tes bus akan ada juga pemeriksaan kepada para pengemudi dan kenek agar mereka dipastikan dalam keadaan sehat.

"Kita menurunkan petugas kesehatan, semua pengemudi dilakukan tes urine besok secara masif. Kita tidak menginginkan ada celah sedikitpun yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi semuanya. Jadi mudah-mudahan upaya kita ini dapat membuat kenyamanan dan keamanan pemudik," ujar Bambang.

2. Penumpang yang mudik dari terminal masih sedikit

700 Bus Jalani Rampcheck di Terminal Cicaheum Demi Keamanan Penumpang IDN Times/Debbie Sutrisno

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Bandung Asep Kuswara menuturkan, hingga saat ini belum banyak pemudik yang memanfaatkan Terminal Cicaheum untuk pulang ke kampung halaman. Meski sudah ada tapi jumlahnya tidak terlalu banyak.

Dia memprediksi peningkatan penumpang mudik akan dimulai pada Sabtu (6/3/2024), seiring dengan masa cuti Lebaran 2024.

"Mungkin H-2 atau H-3, Sabtu-Minggu. Sekarang peningkatan belum banyak karena belum libur sekolah dan bekerja, jadi masih kosong," ujarnya.

3. Prediksi puncak arus mudik pada 6-8 Maret

700 Bus Jalani Rampcheck di Terminal Cicaheum Demi Keamanan Penumpang Suasana angkutan mudik lebaran 2024 di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Rabu (3/4/2024). (Khusnul Hasana/IDN Times).

Sebelumnya, Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Wibowo memprediksi puncak arus mudik di berbagai ruas jalan di Jawa Barat, kepolisian memprediksi pada 6 April hingga 8 April 2024. Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada rentang tanggal itu apabila hari raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 10 April atau 11 April.

Sementara untuk puncak arus balik mudik lebaran di Jabar akan terjadi mulai 13 April hingga 15 April. Sebab, marak pekerja dan pelajar yang mulai masuk pada 16 April.

"Akan masuk di tanggal 16 April-nya, kita prediksi arus balik di tiga hari ini," kata Wibowo.

Meski demikian, tak menutup kemungkinan akan terjadi gelombang kedua puncak arus balik mudik yang terjadi pada 20 April hingga 21 April. Wibowo memastikan akan menempatkan sejumlah personel untuk mengantisipasi terjadinya gelombang kedua arus balik mudik lebaran.

"Tidak menutup kemungkinan karena jadwal libur sekolah tidak sama atau berlainan kemudian ada beberapa rekan kita karyawan swasta mungkin masuk di tanggal 22," ujar dia.

Baca Juga: 6 Tips Perjalanan dengan Sleeper Bus yang Aman dan Nyaman

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya