7 Anggota DPRD Jabar yang Positif COVID-19 Sembuh

Semoga yang lain juga negatif corona

Bandung, IDN Times - Tujuh anggota DPRD Jabar yang dinyatakan positif COVID-19 dinyatakan sembuh. Informasi itu diungkapkan Sekretaris DPRD Jabar Ida Wahida Hidayati usai menghadiri Rapat Paripurna di Hotel El Royale, Kota Bandung, Rabu(19/8/2020).

Ida menyebutkan, selain tujuh anggota DPRD Jabar yang positif COVID-19, pegawai lainnya yang juga sempat terpapar virus corona juga dinyatakan sembuh. Hal itu berdasarkan hasil swab kedua kalinya pada Selasa (18/8) dan menunjukkan hasil negatif. Sebelumnya terdapat 38 orang yang kerap bekerja di DPRD Jabar terpapar COVID-19.

"Banyak. Jumlahnya hampir seluruhnya sudah sembuh dari 38 itu," kata Ida Wahida Hidayati, Rabu (19/8/2020).

1. Sedangkan untuk pegawai selain anggota dewan masih menunggu hasil pemeriksaan swab

7 Anggota DPRD Jabar yang Positif COVID-19 SembuhPelaksanaan swab test di RSUD Cibabat. (IDN Times/Bagus F)

Ida belum bisa menyebutkan secara rinci jumlah orang yang sudah sembuh. Tapi, dia memastikan tujuh anggota dewan yang sempat terpapar dipastikan sudah sembuh. Sedangkan pegawai lain baik pegawai negeri sipil (PNS) dan non-PNS masih menunggu hasil swab.

"Angka pastinya kita tunggu tapi kalau yang tujuh anggota dewan itu sudah negatif semua, ya kalau yang PNS masih menunggu," paparnya.

Ida menambahkan, tujuh anggota dewan yang dinyatakan positif sudah tak lagi menjalani isolasi. Kemungkinan, mereka bakal mulai kembali beraktivitas dalam waktu dekat ini. Sebelumnya, anggota dewan itu menjalani isolasi di kediamannya masing-masing.

2. Penutupan gedung DPRD membuat rapat paripurna dilakukan di luar untuk pertama kalinya

7 Anggota DPRD Jabar yang Positif COVID-19 SembuhIDN Times/Debbie Sutrisno

Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Hari Jadi Ke-75 Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2020 untuk pertama kalinya dilaksanakan di luar Gedung DPRD Jabar yakni di Hotel El Royal Panghegar Bandung. Pemindahan lokasi Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Ke-75 Provinsi Jabar karena Gedung DPRD Jabar ditutup selama 14 hari sejak 14 Agustus 2020 terkait dengan adanya temuan 38 kasus positif COVID-19 di tempat tersebut.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Jabar Yedi Sunardu mengatakan jumlah peserta dan tamu undangan yang hadir di Rapat Paripurna Hari Jadi Ke-75 Provinsi Jabar dibatasi seperti Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Jabar, ketua fraksi dan ketua komisi. Rapat paripurna tersebut juga menerapkan protokol kesehatan yang telah disiapkan oleh pihak hotel.

Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari menambahkan mengaku sedih karena untuk pertama kalinya Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Hari Jadi Ke-75 Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2020 digelar di luar Gedung DPRD Jabar.

"Tentunya sedih ya, apalagi tadi kan sebagian teman-teman di DPRD Jabar juga hadir melalui virtual sehingga tidak lengkap," kata Ineu.

3. Jabar tetap harus kuat dan terus berinovasi

7 Anggota DPRD Jabar yang Positif COVID-19 SembuhIlustrasi Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Politisi perempuan dari Fraksi PDIP DPRD Jabar ini mengatakan meskipun digelar dalam suasana yang sederhana dan penuh keprihatian pihaknya tetap berharap acara tersebut tidak mengurangi rasa khidmat dan syukurnya akan Provinsi Jabar.

"Di usia-nya yang sudah 75 tahun, ini usia yang mapan ya. Saya yakin semua pihak tidak akan patah semangat dengan adanya pandemi COVID-19 ini," kata Ineu.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya