60 Ribu Jiwa Terdampak Banjir di Kabupaten Bandung

Ketinggian air sudah mencapai 2,9 meter

Bandung, IDN Times - Banjir yang melanda sejumlah kawasan di Kabupaten Bandung terus bertambah. Hujan yang cukup lewat sejak Selasa (31/3) sore membuat kawasan yang tergenang makin meluas.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Jawa Barat saat ini total ada tujuh kecamatan terendam banjir. Artinya ini bertambah satu kecamatan karena pada hari sebelumnya, Senin (30/3) jumlah kecamatan yang terendam hanya enam.

Kecamatan yang terendam banjir tersebut yakni, Kecamatan Dayeuhkolot, Bojongsoang, Baleendah, Ciparay, Solokanjeruk, Cangkuang, dan Kutawaringin.

"Korban yang terdampak mencapai 60.792 jiwa. Ini berdasarkan data kemarin sekitar pukul 18.00 WIB," ujar Manajer Pusat Pengendalian Operasi BPBD Jawa Barat, Budi Budiman Wahyu, dari siaran pers yang diterima.

1. Ketinggian air ada yang mencapai 2,9 meter

60 Ribu Jiwa Terdampak Banjir di Kabupaten BandungDok.IDN Times/Istimewa

Wahyu menuturkan, ketinggian air sangat bervariasi tergantung kondisi kawasan di sana. Namun air yang menggenang rumah warga ada yang dari 10 cm, sampai 2,9 meter. Berikut data genangan masing-masing kecamatan:

1. Kecamatan Dayeuhkolot: 10cm-280cm
2. Kecamatan Baleendah: 20cm-290cm
3. Kecamatan Bojongsoang: 40cm-190cm
4. Kecamatan Cangkuang: 30cm-120cm
5. Kecamatan Ciparay: 30cm-80cm
6. Kecamayan Solokanjeruk: 10cm-150cm
7. Kecamatan Kutawaringin: 30cm-150cm

2. 1.600 jiwa harus mengungsi

60 Ribu Jiwa Terdampak Banjir di Kabupaten BandungANTARA FOTO/Basri Marzuki

Akibat kejadian ini, sedikitnya ada 1.600 jiwa yang harus mengungsi dari rumah mereka. Pengungsi tersebar di sejumlah titik, tapi paling banyak ada di Aula Desa Dayuhkolot INKANAS Posko BPBD.

"Saat ini bantuan pangan pun mulai disalurkan, dan BPBD masih melakukan assesment untuk mengecek data dan kebutuhan," ujar Wahyu.

3. Evakuasi warga pun terus dilakukan

60 Ribu Jiwa Terdampak Banjir di Kabupaten BandungDok.IDN Times/Istimewa

Hujan deras mengguyur wilayah Bandung dan sekitarnya hingga menyebabkan beberapa titik terendam banjir dan sejumlah warga terjebak dan membutuhkan evakuasi.

Tim rescue wilayah Bandung terus melakukan pemantauan dan langsung berkoordinasi dengan masyarakat dan unsur yang berada di lapangan. SAR Bandung pun ikut serta melakukan evakuasi warga yang memang terjebak dan ingin berada di pengungsian. Sedikitnya lebih dari 20 orang dievakuasi menggunakan peralatan milik SAR Bandung.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya