6 Mahasiswa Ciptakan Robot untuk Monitoring Hama Tanaman Urban Farming

Upayakan alat tingkatkan produksi pertanian masyarakat kota

Bandung, IDN Times - Enam mahasiswa dari Universitas Padjadjaran (Unpad) berkolaborasi dalam membuat robot pintar yang dapat memonitoring hama dan penyakit tanaman untuk menghindari kerugian hasil produksi tanaman akibat hama dan penyakit. Robot pintar tersebut diberi nama Gensystem.

Salah satu pencetus robot ini, Nathanail, mengatakn bahwa pembuatan robot tak terlepas dari hama dan penyakit tanaman merupakan masalah yang selalu menjadi momok bidang pertanian karena dapat mengurangi hasil produksi dari tanaman budi daya. Permasalahan ini terjadi pada banyak kasus pertanian di Indonesia, termasuk wilayah perkotaan (urban).

1. Penting untuk meningkatkan produksi pertanian

6 Mahasiswa Ciptakan Robot untuk Monitoring Hama Tanaman Urban FarmingIlustrasi urban farming (Dok. Idn Globe)

Gensystem sendiri dirancang melalui pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC) Kemendikbudristek dibawah bimbingan Dosen Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, Farida Damayanti, S.P., M.Sc., Ph.D.

“(Adanya) jumlah kebutuhan pangan penduduk Indonesia yang semakin meningkatkan ketergantungan pasokan pangan, khususnya di wilayah perkotaan, membuat permasalahan antisipasi kerugian tanaman budidaya akibat hama penyakit di pertanian kota ini (menjadi) krusial untuk dicegah,” ujar Nathanail.

2. Bisa memonitoring hama dan penyakit secara otomatis

6 Mahasiswa Ciptakan Robot untuk Monitoring Hama Tanaman Urban Farmingilustrasi hama tanaman (pexels.com/Alex Andrews)

Tujuan dari pembuatan Prototype Gensystem ini adalah untuk memonitoring hama dan penyakit tanaman secara otomatis, sehingga dapat mengatasi kendala dalam penerapan urban farming.

Identifikasi dalam monitoring tanaman dilakukan melalui pendekatan deep learning pengenalan gambar dan frekuensi suara. Untuk sistem pengoperasiannya sendiri, Robot Gensystem dipasang di atas lahan budidaya dan diintegrasikan dengan aplikasi di gawai pintar.

"Jadi petani bisa langsung mengontrolnya," kata dia.

3. Harap alat ini tingkatkan produksi pertanian secara massal

6 Mahasiswa Ciptakan Robot untuk Monitoring Hama Tanaman Urban Farminggoogle

Nathanail berharap dengan adanya pengaplikasian Robot Gensystem khususnya pada urban farming, akan dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan akan pasokan pangan.

Tim Gensystem saat ini juga aktif memberikan edukasi terkait inovasi robot pintar melalui media sosial, seperti Instagram, Tiktok, Facebook, dan Youtube dengan nama pengguna @Gen.system.

Baca Juga: Curhatan Petani Lampung Hadapi El Nino, Kekeringan hingga Hama Wereng

Baca Juga: Ombudsman Temukan Krisis Pasokan Pangan di Pulau Rempang

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya