550 Peserta Meriahkan Lodaya-Siliwangi Ride 2023 di Jabar Selatan

Kegiatan ini diharap bisa diselenggarakan tiap tahun

Bandung, IDN Times - Penyelengaraan lomba balap sepeda road bike (RB) bertitel ‘Lodaya-Siliwangi Ride 2023’ dengan rute Tasikmalaya-Pangandaran sejauh 174 kilometer (km) sukses digelar Polda Jabar. Lomba ini diikuti 550 peserta dari Jawa Barat provinsi lainnya.

Ketua Umum Pengprov ISSI (Ikatan Sepeda Sport Indonesia) Jawa Barat, Iman Firmansyah menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan pada akhir pekan kemarin. Menurutnya, Lodaya-Siliwangi Ride bisa menjadi agenda tahunan bagi ISSI Jabar.

Iman menilai positif atas penyelengaraan lomba balap sepeda dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini. Dia melihat panitia sangat bekerja kerasa karena hanya dalam waktu tiga pekan bisa mampu mengumpulkan ratusan peserta.

‘’Dalam tiga pekan saja bisa menggaet sebanyak 550 pembalap dengan penyelengaraan yang nyaris sempurna. Apalagi kalau persiapannya hingga dua bulan, mungkin jumlah peserta bisa sampai 1.000,’’ kata dia dalam keterangannya, Senin (6/10/2023).

1. Banyak atlet profesional ikut serta dalam kegiatan ini

550 Peserta Meriahkan Lodaya-Siliwangi Ride 2023 di Jabar SelatanDokumen Polda Jabar

Menurut Iman, atlet yang ambil bagian dalam kejuaraan ini banyak yang berlatar pembalap nasional dari sejumlah klub ternama di tanah air. Bahkan beberapa pebalap yang terjun di lomba ini merupakan atlet juara di ajang SEA Games dan Asian Games.

‘’Jadi sejumlah pembalap yang mengikuti lomba ini bukan atlet kaleng-kaleng. Mereka pernah menjuarai di tingkat regional,’’ ujar dia.

Sedangkan dari sisi pembinaan atlet, sambung Iman, lomba balap sepeda ini menjadi ajang uji kemampuan bagi atlet dibawah 21 tahun. Dari catatan ISSI, selama enam tahun terakhir Jawa Barat tertinggal dari Jawa Timur dalam pembinaan atlet usia di bawah 21 tahun. Salah satu faktornya yaitu minimnya kejuaraan di Jawa Barat.

2. Banyak anak muda meramaikan balapan tahun ini

550 Peserta Meriahkan Lodaya-Siliwangi Ride 2023 di Jabar SelatanDokumen Polda Jabar

ISSI Jawa Barat berterimakasih kepada Bapak Kapolda Jawa Barat yang secara tidak langsung membangtu pembibitan atlet muda melalui ajang lomba ini. Animo pembalap usia di bawah 21 tahun sangat besar mengikuti lomba.

Iman berharap dengan adanya  ‘Lodaya-Siliwangi Ride 2023’ akan melahirkan pembalap-pembalap Jabar yang bisa berkiprah di tingkat nasional maupun internasional. Ia yakin jiga kegiatan sejenis banyak digelar,  Jawa Barat akan bisa merajai balap sepeda di nomor RB di tingkat nasional.

‘’Kalau pembibitan di Jawa Barat berhasil, akan menopang prestasi nasional di tingkat internasional,’’ cetus dia.

3. Ada tiga dampak positif dari setiap acara balapan sepeda

550 Peserta Meriahkan Lodaya-Siliwangi Ride 2023 di Jabar Selatanilustrasi balap sepeda (unsplash.com/Markus Spiske)

Kegiatan ini pun berdampak pada tiga efek positif, yaitu prestasi atlet, promosi sektor pariwisata, dan menumbuhkan UMKM di daerah.

‘’Tiga efek ini didapat dari lomba tersebut. Bahkan Ibu Susi Pujiastuti (mantan Menteri Kelautan) siap menjadi sponsor kegiatan sejenis. Ini kan satu kepercayaan dari pihak swasta,’’ kata dia.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 550 peserta mengikuti kejuaraan balap sepeda yang memperebutkan total hadiah sebesar Rp269 juta. Dari delapan kelas kategori yang diperlombakan, para pembalap nasional menjadi juara di enam kelas.

Untuk menempuh jarak 174 kilometer, panitia menyiapkan empat water station (WS) yaitu WS 1 Jl Raya Cibalong ( kilometer 40), WS 2 Sindangkerta (kilometer 82), WS 3 Cimerak (kilometer 122) WS 4 Batukaras (kilometer 160).

Baca Juga: Balap Sepeda: Pengertian, Sejarah, Jenis, Peraturan, dan Teknik

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya