5.000 Motor Harley Bakal Konvoi ke Pangandaran untuk Golden Wingday

Kegiatan ini salah satu event tertua di Asia Tenggara

Bandung, IDN Times - Sebanyak 5.000 pengendara motor Harley Davidson bakal konvoi ke Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Bukan hanya dari Kota Bandung, para pengendara harley pun berdatangan dari berbagai daerah termasuk luar negeri.

Ketua Pelaksana Golden Wingday HDCI Bandung, Aria Ramawidjaya mengatakan, kegiatan ini merupakan acara rutin lima tahunan yang diadakan Harley Davidson Club (HDCI) Bandung. Menurutnya, kegiatan tersebut sebenarnya hendak diselenggarakan pada 2020. Namun, karena pandemik COVID-19 acara ini pun diundur hingga 2023.

"Melalui Wingday kami juga ingin membantu pemerintah mendongkrak ekonomi kreatif (UMKM) maupun sektor pariwisata yang berimbas langsung untuk warga pelaku usaha sektor wisata sekitar lokasi acara," kata Arid dalam konferensi pers, Jumat (10/2/2023).

1. Pastikan para pengendara tidak akan arogan selama di perjalanan

5.000 Motor Harley Bakal Konvoi ke Pangandaran untuk Golden WingdayIlustrasi pengendara HDCI. Dok IDN Times

Untuk tahun ini HDCI Bandung mengambil tema 'The 50th Golden Memorial and Anniversary HDCI 33rd', yang mana bertepatan dengan usia Wingday pada tahun ini mencapai 50 tahun. Rencananya kegiatan ini diselenggarakan pada 26-27 Mei.

Selain touring, berbagai kegiatan pun bakal diselengarakan pada Wingday kali ini. Di antaranya adalah kegiatan sosial, classic rally, gentlement race, dan drag race. Acara ini tak hanya menjadi ajang berkumpul silaturahmi para bikers, juga sebagai ajang meningkatkan kepedulian sosial untuk masyarakat sekitar Kota Pangandaran yang membutuhkan.

Arid menegaskan, dalam perhelatan ini seluruh peserta telah diminta untuk menjunjung tinggi norma yang ada di masyarakat dan hukum yang berlaku di Indonesia.

"Kami mendukung penuh program Polri khususnya Korlantas dalam rangka kampanye dan penerapan keamanan, ketertiban, dan keselamatan dalam berkendara kendaraan bermotor selama pelaksanaan kegiatan dan penerapan dalam keseharian," kata dia.

2. Pemda Pangandaran sambut baik kegiatan ini

5.000 Motor Harley Bakal Konvoi ke Pangandaran untuk Golden WingdayIDN Times / Nana Suryana

Kepala Dinas Pariwisata Pangandaran Tonton menuturkan, kegiatan seperti ini sangat menguntungkan bagi pemerintah daerah. Karena dampak pada perekonomian akan terasa dengan banyaknya penyewaan tempat menginap maupun tempat makan.

Terlebih Kabupaten Pangandaran selama ini sangat bergantung pada sektor pariwisata. Sehingga kegiatan Wingday diharap mampu mendongrrak pendapatan para pelaku usaha wisata.

"Kalau yang harian datang itu sudah biasa. Justru pendapatan besar ini dari kegiatan seperti ini. Makanya kami menyambut baik," kata Tonton.

Dalam waktu dekat perwakilan dari HDCI Bandung akan bertemu dengan jajaran petinggi pemerintahan di Pangandaran untuk memastikan kebutuhan apa saja yang harus disiapkan dalma menunjang Wingday.

3. Wingday salah satu event motor tertua di Indonesia

5.000 Motor Harley Bakal Konvoi ke Pangandaran untuk Golden WingdayHDCI Jawa Barat, Jonny BS Nugroho. IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Ketua HDCI Bandung Glenn mengajak seluruh anggota HDCI ikut serta dalam Wingday 2023. Selama ini Bandung kerap menjadi baromoter untuk perkumpulan HDCI di daerah lainnya. Maka dengan kehadiran banyak anggota, diharapkan kegiatan ini lebih meriah dan sukses.

Hal serupa disampaikan perwakilan HDCI Jawa Barat, Jonny BS Nugroho. Dia menyebut bahwa Wingday merupakan salah satu event motor tertua di Indonesia. Selain agenda nasional, kegiatan ini pun didorong menjadi acara internasional.

"Kegiatan ini harus disebarluaskan karena memang sudah jadi acara yang sejak lama sudah diselenggarakan bahkan di kawasan Asia Tenggara," ujarnya.

Baca Juga: Bocor Penampakan Motor 350 cc Harley-Davidson

Baca Juga: KPK: Rafael Alun Akui Harley Davidson yang Dipakai Mario Dandy Bodong

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya