5 Kota di Sepanjang Tol Cipali Bisa Jadi Lokasi Wisata dan Kuliner 

Jangan lupa mampir untuk beli oleh-oleh

Bandung, IDN Times - Bagi anda yang tengah mudik ke kampung halaman dan melintas di jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), terdapat lima kabupaten/kota di sepanjang jalur ini yang bisa disinggahi sekedar untuk berwisata. Dikutip dari rilis Lintas Marga Sedaya (LSM) selain sejumlah tempat wisata, anda dan keluarga pun bisa menjajal beragam kuliner yang sayang untuk dilewatkan. 

Mana saja 5 daerah yang bisa dikunjungi di sela waktu mundik anda? Yuk, simak di bawah ini.

1. Purwakarta

5 Kota di Sepanjang Tol Cipali Bisa Jadi Lokasi Wisata dan Kuliner instagram.com/ayaelectro/

Saat keluar dari pintu tol KM 72 mengambil jalur jalan Cikopo menuju jalan Waduk Jatiluhur di Jatimekar, kita bisa mampir ke Istora Resto Jatiluhur. Di sini kita dan keluarga bisa menikmati olahan ikan dari Waduk Jatiluhur seperti gurame dan ikan nila bakar. Di restoran hotel yang berada di Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur ini, kita juga disuguhi panorama cantik Waduk Jatiluhur.

Selain itu, kita bisa mampir ke Stasiun Kopi Purwakarta yang kerap dijadikan tempat bersantai warga Purwakarta. Kedai yang menempati bangunan rumah bergaya kolonial ini memiliki menu andalan minuman berbasis espresso.

Ada juga Kedai Kita Restoran Keluarga yang berada di pusat kota Purwakarta. Menu andalan di sini adalah hidangan seafood, nasi timbel, dan nasi oncom.
Yang tak kalah menarik adalah menikmati makanan khas Purwakarta di Sate Maranggi Khas Plered H Udi (Aim) yang letaknya di sebelah Stasiun Plered. Satenya dibumbui dengan saus kacang atau kecap yang beda dari saus sate pada umumnya.

Es Ciming tempat wajib yang harus dikunjungi pemudik saat mampir ke Purwakarta, tepatnya di jalan Jenderal Sudirman. Es ini semakin nikmati disantap dengan ketan hitam.

Untuk tempat wisata di Waduk Jatiluhur Purwakarta, salah satunya adalah Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur dan Parang Gombong. Di sini kita bisa bersantai, berenang, dan berkemah. Selain itu, anda juga bisa mampir ke Bale Panyawangan Diorama Nusantara, untuk melihat-lihat museum sejarah Nusantara menjadi Indonesia dan sejarah Purwakarta sendiri. Untuk melihat produk unggulan UMKM Purwakarta, kita bisa mampir ke Galeri Menong. Bagi pecinta keramik, ada Sentra Keramik Plered di sepanjang Jl. Raya Anjun Plered.

2. Subang

5 Kota di Sepanjang Tol Cipali Bisa Jadi Lokasi Wisata dan Kuliner crazytravelmate.com

Untuk menikmati aneka ragam kuliner dan wisata menarik di Subang, kendaraan pemudik bisa keluar gerbang tol Subang di KM 109. Dengan belok kanan ke jalan Otto Iskandardinata, kita akan langsung menemukan Bakso Goyang Lidah yang terkenal akan kelezatan bakso jando atau gajih.

Selain itu ada juga Surabi Romantis yang bisa dinikmati di tengah perkebunan teh yang asri nan cantik. Surabi di sini unik karena ditaburi dengan oncom.

Bagi yang suka mie ayam, kita bisa mampir ke Mi Ayam Coet Spesial “Chef Wawan”, yang wadahnya ditaruh di atas coet (cobet) yang diletakkan di atas tungku kecil dengan bara api. Varia rasanya juga unik seperti saus lada hitam dan saus teriyaki.

Di Lesehan KPK Lembah Gunung Kujang, kita bisa makan ikan sambal lesehan di tengah kolam pemancingan. Di sini juga bisa menikmati aneka olahan ikan tawar seperti ikan nila bakar. Pengunjung bisa memancing sambal menikmati hidangan.

Tempat kuliner lain yang sayang untuk dilewati adalah kedai kopi kekinian di Subang, yaitu Sugar Rush. Interiornya berkesan Instagenic, sangat cocok untuk berfoto ria.

Di daerah ini pula terdapat Agrowisata Ciater Tea Mountain yang merupakan perkebunan teh. Khusus pada minggu ketiga dan keempat, kita bahkan bisa melihat langsung proses pemetikan teh di sini.

Bagi kalian yang gemar memancing, Panorama Lembah Gunung Kujang menjadi menarik untuk dikunjungi. Apalagi hawa di kawasan ini sangat sejuk sehingga tepat untuk rekreasi bersama keluarga. Di sini juga bisa melihat ikan raksasa seperti ikan Arapaima di Kolam Monster.

3. Majalengka

5 Kota di Sepanjang Tol Cipali Bisa Jadi Lokasi Wisata dan Kuliner IDN Times/Andra Adyatama

Untuk menikmati tempat-tempat wisata dan kuliner di Majalengka, Anda keluar di pintu Gerbang Tol Sumberjaya di KM 175. Jika belok kiri ke jalan Raya Cirebon terus ke arah Rajagaluh-Ujungberung, kita akan menemukan Rumah Makan Neng Euis. Rumah makan yang berada di tepian sungai ini menawarkan konsep lesehan dengan panorama khas pedesaan.

Ada juga Kedai Artha Majalengka yang sangat cocok untuk bersantai sambil menikmati kopi pada sore hari. Tempatnya sangat luas dengan interior yang Instagenic.

Selain itu kita juga bisa mampir ke Pondok Dahar Pak H.M. Djaja yang memiliki konsep lesehan yang dikelilingi kolam-kolam ikan. Bagi penyuka durian, kalian bisa mampir ke Pondok Durian Senapeul.

Selain menikmati kuliner, kita bisa berwisata di Majalengka. Salah satu tempat menarik adalah Ciboer Pass. Di tempat ini kita seakan berada di Bali karena panoramanya adalah sawah berundak-undak. Momen paling tepat berada di sini adalah saat sunrise dan sunset.

Bagi yang ingin melihat panorama Majalengka dari ketinggian, kalian bisa mampir ke Paraland Resort. Letaknya di puncak Gunung Paten memberikan pemandangan pusat kota Majalengka dan juga Gunung Ciremai yang sangat indah.

4. Indramayu

5 Kota di Sepanjang Tol Cipali Bisa Jadi Lokasi Wisata dan Kuliner IDN Times/Debbie Sutrisno

Keluar di Gerbang Tol Kertajati lalu menuju jalan Mayor Sastraatmaja, kita bisa mampir ke Om Caastra Waroeng Makan. Ada banyak makanan khas Indramayu yang dijual di sini dan cocok sebagai tempat untuk sarapan. Di sini kita bisa menikmati nasi lengko dengan telur ikan serta pindang gombyang.

Selain itu, kita juga bisa mampir ke Rumah Mertua, restoran dengan interior yang Instagenic, sehingga kerap dijadikan tempat berfoto-foto selfie. Yang tak kalah menarik adalah menikmati makanan laut sambil melihat perahu nelayan lalu lalang di tengah deburan ombak di Pondok Ikan Bakar Mina Ayu. Bagi penyuka ayam kampung goring, kalian bisa mampir ke Rumah Makan Ibu Hj. Aas.

Tempat wisata di Indramayu juga tidak kalah menarik. Di sini ada Ekowisata Mangrove Karangsong. Untuk menuju tempat ini, kita harus naik perahu nelayan. Di sini pengunjung diajak menyusuri hutan mangrove dengan berjalan di setapak bambo. Jangan lupa naik ke menara untuk melihat panorama mangrove secara menyeluruh.

Tak hanya itu, kalian juga bisa menikmati deburan ombak yang tenang di Pantai Legenda Tirtamaya sambal menikmati kelapa muda atau berenang di tepian laut. Mampir juga ke Oemah Nenek untuk membeli aneka camilan khas Indramayu. Kita juga bisa menikmati manisan mangga di Manisan Mangga Dokter Liana.

5. Cirebon

5 Kota di Sepanjang Tol Cipali Bisa Jadi Lokasi Wisata dan Kuliner IDN Times/Debbie Sutrisno

Untuk menikmati aneka kuliner dan wisata di Cirebon ini, kita bisa keluar di gerbang tol Palimanan 2 di KM 188. Untuk kuliner pertama kita bisa mampir ke Nasi Jamblang Ibad Otoy untuk berburu sarapan. Nasi jamblang di sini terkenal enak dan harganya terjangkau. Jangan lupa juga mampir ke Nasi Jamblang Ibu Nur yang merupakan favorit warga Cirebon.

Yang tak bisa dilupakan saat mampir di Cirebon adalah mengunjungi RM Empal Asem H. Apud. Selain itu, kita juga bisa mampir ke Klapa Manis, restoran yang berada di tepi Bukit Gronggong. Di sini, kita bisa melihat pemandangan kota Cirebon dari ketinggian. Saat malam, restoran ini dipenuhi lampu temaram sehingga berkesan romantis.

Sedang untuk berwisata, kita bisa mampir ke Taman Sari Gua Sunyaragi, sebuah situs bersejarah yang dibangun tahun 1703 oleh cicit dari Sunan Gunung Jati. Gua ini disusun dari batu karas yang tampil begitu magis nan anggun.

Selain itu, kalian juga bisa mampir ke Istana Kerajinan Kerang CV Multi Dimensi. Di sini diolah limbah kerang menjadi produk kerajinan, mulai dari piring dan gelas hingga meja tamu.

Nah, seru bukan. Jadi jangan sia-siakan perjalanan mudik kalian dan keluarga. Karena ada banyak kenangan mudik yang bisa dinikmati di sepanjang tol Cipali.

Baca Juga: Sate Kalong Cirebon, Makanan Khas yang Bisa Dicicipi Saat Pergi Mudik

Baca Juga: Mudik Lewat Indramayu, Sambangi Masjid Islamic Center yang Megah 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya